Resep Membuat Mie Ayam Special Kuah Sedap

Resep Membuat Mie Ayam Special Kuah Sedap - Mie ayam adalah salah satu makanan di indonesia yang sangat merakyat dan di sukai oleh berbagai kalangan masyarakat luas . harga murah meriah yang ditawarkan oleh mie ayam membuat mie ayam sangat di gemari oleh orang banyak . harga yang ditawarkan oleh mie ayam juga beraneka ragam , dari yang sekitar sepuluh ribu rupiah hingga dua puluh ribu rupiah . semua tergantung tempat dan isian aneka kreasi mie ayam itu sendiri .

Namun pada dasar nya mie ayam adalah makanan yang berisi mie , dengan potongan caisim , daging ayam yang di potong kecil-kecil dan kuah sedap tentunya yang memberikan sensasi saat menikmatinya . namun karena begitu banyak orang yang gemar akan mie ayam , mie ayam pun disulap dengan aneka kreasi bentuk dan isian nya . di mulai dari mie ayam dengan isian ayam jamur , mie ayam isian ayam ceker , mie ayam isian ayam telur puyuh , ataupun mie ayam natural tanpa bahan-bahan lainnya dalam isian seperti pada resep mie ayam yang Harian Resep akan bagikan kali ini . rasa yang enak dan dengan kuah sedap tentunya adalah idaman disetiap orang saat menikmati mie ayam .

Maka Dengan ini kami mencoba kreasikan mie ayam dengan bumbu-bumbu yang tentunya akan membuat mie ayam memiliki rasa yang enak dan sedap . selain itu mie yang digunakan dalam penggunaan mie ayam juga begitu banyak macam dan kreasi nya . dari mie yang dibuat dengan tepung terigu dan bahan-bahan lainnya , atapun aneka mie yang dibuat dari aneka bahan-bahan tambahan lainnya . seperti mie yang berwarna hijau , adalah mie yang dibuat dari aneka sayuran dan sebagainya .

Ada lagi mie yang berwarna ungu , biasanya mie yang berwarna ungu ini dibuat dengan campuran ubi ungu dan sebagainya . warna mie yang berwarna-warni memang sangatlah manarik , namun kali ini kami akan membahas mie ayam yang special dengan kuah sedap nya terlebih dahulu . nah jika anda biasa menikmati mie ayam dengan membelinya di abang-abang yang biasa mangkal atau yang biasa ke keliling komplek . tidak ada salahnya jika anda membuat mie ayam special kuah sedap ini dirumah .

Jika anda telaten dan gemar memasak anda bisa saja menjadikan resep mie ayam special ini menjadi salah satu ladang usaha anda . rasa yang enak dengan kuah yang segar dan sedap , sangat patut untuk dinikmati oleh keluarga tercinta ataupun dijajakan jika mau dijadikan ladang usaha . dalam pembuatan mie ayam sendiri sangat lah mudah , bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat terjangkau dan mudah untuk dicari atau ditemui . untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara pembuatan mie ayam special dengan kuah sedap ini silahkan simak artikel resep nya dibawah ini .

Resep Membuat Mie Ayam Special Kuah Sedap

Resep Membuat Mie Ayam Special Kuah Sedap

Bahan-bahan Mie Ayam Special Kuah Sedap : 

  • Mie yang untuk mie ayam 1/2 kilo gram ( siap dibeli di pasar )
  • Minyak ayam 100 mili liter
  • Kecap asin 100 mili liter
  • Daging ayam 300 gram ( direbus dan dipotong-potong kotak )
  • Kecap manis 3 sendok makan
  • Kecap inggris 2 sendok makan
  • Daun bawang 2 batang ( dirajang )
  • Caisim Secukupnya
  • Penyedap rasa ( jika suka ) secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya 

Bumbu Halus Mie Ayam Special Kuah Sedap :

  • Bawah putih 3 siung
  • Bawang merah 5 buah
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Kunyit 3 centi meter
  • Jahe 3 centi meter
  • Kemiri 4 butir

Bahan Untuk Membuat Kaldu Mie Ayam Special Kuah Sedap :

  • Air 2 liter
  • Tulang ayam 1/2 kilo gram
  • Garam 1 sendok teh
  • Lada bubuk 1/2 sendok teh

Cara Membuat Mie Ayam Special Kuah Sedap :

  1. Kaldu : pertama-tama yang anda harus lakukan adalah rebus air terlebih dahulu sampai mendidih , masukkan tulang ayam , rebus dengan api kecil sampai kaldu beraroma wangi segar . kemudian tambahkan lada bubuk dan garam . cicipi , anda dapat menambahkan jika dirasa ada yang yang kurang .
  2. Selanjutnya tumis bumbu halus sampai wangi dan matang , lalu masukkan ayam , tumis sampai bumbu meresap ke dalam ayam , setelah itu tambahkan penyedap secukupnya , tumis lagi sebentar , angkat lalu sisihkan .
  3. Untuk penyajian pertama-tama masukkan 2 sendok makan minyak ayam ke dalam mangkok dan 1/4 sendok teh penyedap .
  4. Lalu rebus mie dan caisim yang telah dirajang-rajang sampai matang ( kematangan mie dapat disesuaikan menurut selera ) , angkat dan letakkan didalam mangkok yang sudah terisi dengan bumbu , aduk-aduk lalu masukkan ayam sebanyak 2 sendok makan atau menurut selera .
  5. Taburkan bawang goreng dan daun bawang yang telah dirajang tadi . 
  6. Mie ayam special kuah sedap siap dihidangkan dan dinikmati selagi hangat dengan kuah yang dipisah atau dicampurkan ke dalam mie .

Selesai , kunci kelezatan dalam membuat mie ayam adalah terletak pada minyak ayam nya . jika minyak ayam yang anda beli dipasar dirasa kurang makyus , anda dapat membuatnya sendiri dirumah . cara nya adalah ambil kulit ayam dan lemaknya , lalu panaskan dengan menggunakan api kecil di atas penggorengan , tambahkan 2 siung bawang putih yang digeprak . kemudian panaskan sampai seluruh minyak keluar dari kulit dan lemak ayam . taraaaaaaaaaa minyak ayam yang enak dan sedap pun siap untuk digunakan . 

Nah itu dia bahan-bahan dan cara pembuatan mie ayam beserta tips nya , cukup mudah bukan ? anda dapat menambahkan sambal cabai , saus sambal botolan , kecap dan cuka menurut selera jika suka agar terasa lebih makyus sedap enak pedas . yasudah , silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Mie Ayam Special Kuah Sedap ini dirumah . buka juga informasi resep-resep makanan atau masakan lainnya seperti Resep Membuat Bubur Tinotuan Manado Asli Sehat Enak yang patut untuk anda coba juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Note : anda juga dapat menambahkan tauge untuk sayurannya dan aneka kerupuk atau pangsit goreng kering saat menikmati mie ayam . kuah mie ayam juga boleh anda tambahkan dengan bakso agar lebih enak dan makyus .

Advertisement