Resep Membuat Bubur Tinotuan Manado Asli Sehat Enak

Resep Membuat Bubur Tinotuan Manado Asli Sehat Enak - Bubur adalah sejenis makanan yang terbuat dari beras , biji kacang kedelai , ketan , tepung beras dan lain sebagainya yang di olah dengan di rebus hingga lunak . namun bubur sendiri juga mempunyai dua jenis tekstur , yang pertama adalah lembut dan sangat lembek . dan yang kedua adalah lembut namun kenyal , bisa dibilang penggunaan air lebih sedikit dari bubur yang bertekstur lembut dan lembek . bubur dengan tekstur lembut dan lembek contohnya seperti pada bubur ayam , bubur beras putih ,tepung beras dan bubur tinotuan atau bubur manado ini .

Sedangkan yang bertekstur lembut kenyal contohnya seperti pada bubur sumsum , jendang grendol dan lain sebagainya . jika anda salah satu penyuka bubur , tentunya anda sudah tidak asing lagi bukan akan aneka bubur-bubur yang saya sebutkan tadi ? memang banyak sekali aneka macam bubur yang enak di nusantara , namun anda juga jangan sampai lewatkan bubur tinotuan manado ini . bubur tinotuan atau yang terkenal dengan bubur manado memang cukup populer di kalangan masyarakat luas .

Dari anak kecil hingga orang dewasa tentunya mereka menyukai bubur tinotuan manado . selain enak dan lezat , yang membuat berbeda bubur tinotuan manado dengan bubur-bubur lainnya adalah terletak pada aneka isi nya . campuran sayur-sayuran yang kaya dengan serat , vitamin dan mineral memang sangat bermanfaat sekali bagi tubuh kita . sangat baik dikonsumsi oleh anak kecil yang sedang masa pertumbuhan karena terdapat banyak sayuran yang menyehatkan .

Bubur tinotuan manado yang memiliki warna kuning dari labu ini juga merupakan salah satu khas dari bubur tinotuan manado . tampilan yang sangat menarik dan berwarna warni dari aneka sayuran yang dimasak bersamaan sebagai isi juga memang sangat menggoda selera sekali . nah jika anda ingin sekali menikmati bubur tinotuan manado , anda tidak harus pergi ke kota manado . anda cukup membuatnya saja dirumah dengan mengikuti resep bubur tinotuan manado yang Harian Resep bagikan kali ini .

Untuk Membuat bubur tinotuan manado sangat lah mudah , walaupun banyak bahan-bahan yang digunakan . namun bahan-bahan tersebut sangatlah mudah didapat dan terjangkau . anda dapat membelinya di pasar tradisional atau pun di tempat-tempat belanja lainnya yang biasa anda kunjungi . nah untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara pembuatan bubur tinotuan manado nya , silahkan simak artikel resep nya dibawah ini .

Resep Membuat Bubur Tinotuan Manado Asli Sehat Enak

Resep Membuat Bubur Tinotuan Manado Asli Sehat Enak

Bahan-bahan Bubur Tinotuan Manado Asli Sehat Enak :

  • Labu kuning 200 gram
  • Daun bayam 100 gram
  • Daun kangkung 100 gram
  • Daun kemangi 100 gram
  • Ikan cakalangan atau tongkol asap 150 gram
  • Beras putih 150 gram
  • Air matang 4 liter

Bumbu Bubur Dan Dabu-dabu Bubur Tinotuan Manado Asli Sehat Enak :

  • Cabai merah keriting 20 gram
  • Bawang merah 4 siung
  • Tomat 1/2 buah
  • Terasi matang 1 sendok teh
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • Lada bubuk 1/2 sendok teh
  • Serai 1 batang 

Cara Membuat Bubur Tinotuan Manado Asli Sehat Enak :

  1. Pertama-tama cuci beras terlebih dahulu hingga benar-benar bersih , tiriskan .
  2. Memarkan batang serai dan cuci seluruh bahan sayuran lalu tiriskan .
  3. Selanjutnya kukus labu kuning hingga matang atau empuk , angkat lalu haluskan sampai benar-benar halus . lalu sisihkan .
  4. Kemudian potong-potong daun bayam dan daun kangkung , lalu sisihkan .
  5. Suwir-suwir ikan cakalang atau tongkol asap yang sudah disiapkan tadi , lalu sisihkan .
  6. Kemudian rebus 4 liter air matang dengan panci , masukkan serai dan beras . aduk-aduk terus sampai beras menjadi bubur . lalu masukkan suwiran ikan cakalang , labu kuning , garam , penyedap rasa dan lada bubuk ke dalam rebusan bubur sambil terus diaduk-aduk sampai rata . masak kira-kira selama 2 menit .
  7. Setelah itu masukkan potongan daun bayam , daun kangkung , dan daun kemangi ke dalam rebusan sambil terus diaduk-aduk . masak sebentar , lalu angkat .
  8. Lalu untuk membuat dabu-dabu , pertama-tama rebus cabai keriting , bawang merah dan tomat dengan air mendidih sampai layu , angkat lalu tiriskan .
  9. Setelah ditiriskan , haluskan bawang merah , cabai keriting , tomat dan terasi matang , sampai benar-benar halus .
  10. Terakhir tuang bubur tinotuan manado ke dalam mangkok atau piring saji , lalu sajikan dengan dabu-dabu . selesai .

Nah itu dia bahan-bahan dan cara pembuatan bubur tinotuan manado nya , cukup mudah bukan ? bubur tinotuan manado sangat cocok disajikan untuk sarapan pagi atau pun untuk makan siang dengan lauk menurut selera anda . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Bubur Tinotuan Manado Asli Sehat Enak ini dirumah . buka juga informasi resep-resep makanan lainnya seperti Resep Membuat Bubur Ayam Kuah Sedap Special Enak , Resep Membuat Tahu Pletok Komplit Sambal Enak yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement