Resep Membuat Cupcake Enak Tanpa Mixer Dan Oven

Resep Membuat Cupcake Enak Tanpa Mixer Dan Oven - Selamat sore bunda-bunda cantik dirumah , dan halo juga untuk para ibu muda yang sedang gemar belajar memasak . ketemu lagi yah dengan Harian Resep , pastinya sudah tidak sabar lagi menunggu updatean resep-resep dari kami donk tentunya ? oh iya , apakah bunda termasuk orang yang suka dengan cupcake ? jika iya , jangan sampai deh bunda melewatkan resep cupcake yang satu ini , siapa tahu dapat menjadi referensi menu camilan yang enak dirumah .

Memasak kue atau cupcake memang dapat dikatakan lebih sulit dan lebih ribet dari pada memasak aneka hidangan sehari-hari . namun tidak dengan cupcake yang Harian resep bagikan kali ini , karena cupcake ini sangat mudah sekali dalam membuatnya . tanpa ribet dan tanpa alat-alat yang kadang belum bunda punya dirumah seperti mixer dan oven . apah , membuat cupcake tapi tanpa mixer dan oven ? memang bisa ? bagaimana caranya ? 

Yups , untuk bunda-bunda dirumah yang belum mempunyai mixer dan oven resep cupcake ini cocok sekali untuk anda nih bun . soalnya bunda masih bisa membuat cupcake yang enak namun tanpa dengan menggunakan mixer dan oven . apalagi cupcake yang satu ini menggunakan bahan-bahan yang sederhana dan terjangkau , sehingga semakin memudahkan bunda dalam membuatnya dirumah . jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak membuat cupcake yang enak dan mudah ini dirumah .

Oh iya , perlu bunda ketahui jika cupcake itu sebenarnya dapat menggunakan resep cake biasa atau cake apapun . baik yang diproses dengan di oven maupun yang dikukus . hanya saja cake tersebut menggunakan papercup sehingga cake ini dinamakan dengan cupcake . papercup yang digunakan bisanya berwarna-warni dan terkadang juga dengan gambar yang lucu , sehingga cupcake banyak digemari oleh anak kecil .

Untuk bunda dirumah yang mempunyai anak kecil , cupcake ini sangat cocok untuk dijadikan bekal si anak ke sekolah . membekali anak dengan cupcake merupakan salah satu trik agar sang anak tidak jajan sembarangan diluaran sana . selain itu , cupcake ini juga akan enak sekali jika dijadikan sebagai teman bersantai atau berkumpul dengan keluarga dirumah . so , untuk anda yang ingin sekali membuat cupcake tanpa mixer dan oven dirumah , silahkan simak , catat atau praktek langsung dengan resep cupcake nya dibawah ini .

Resep Membuat Cupcake Enak Tanpa Mixer Dan Oven

Resep Membuat Cupcake Enak Tanpa Mixer Dan Oven

Bahan-bahan Cupcake Enak Tanpa Mixer Dan Oven :

  • Margarin 125 gram
  • Susu cair 80 mili liter
  • Telur 2 butir
  • Gula pasir atau kastor 150 gram ( kastor adalah gula pasir yang butirannya kecil-kecil )
  • Terigu 200 gram ( dapat menggunakan terigu serba guna )
  • Cokelat bubuk 30 gram
  • Soda kue 1 sendok teh
  • BPDA ( baking powder double acting ) 1 sendok teh

Cara Membuat Cupcake Enak Tanpa Mixer Dan Oven :

  1. Pertama-tama siapkan kukusan , loyang muffin atau loyang cupcake yang satuan dan kertas cupcake ( papercup ) terlebih dahulu .
  2. Kemudian cairkan mentega dan susu ( dalam proses ini jangan sampai mendidih , cukup sampai mentega mencair saja ) angkat lalu sisihkan .
  3. Selanjutnya kocok telur dan gula dengan menggunakan ballon whisk sampai gula larut dan jangan sampai berbuih terlalu banyak .
  4. Setelah itu masukkan terigu , cokelat bubuk , BPDA , dan soda kue , aduk-aduk hingga rata .
  5. Lalu masukkan margarin leleh , aduk rata kembali .
  6. Tuang adonan kedalam loyang yang sudah dialasi dengan papercup hingga hampir penuh , lalu kukus kurang lebih selama 20 menit atau hingga matang .

Tips Dalam Membuat Cupcake Enak Tanpa Mixer Dan Oven :

Bila ingin memasukkan filling seperti ( selai , ganache atau apapun yang meleleh ketika dicupcake digigit ) dapat menggunakan 2 cara yang mudah dibawah ini .
  1. Pertama saat mengukus , adonan di isikan setengah paprcup saja , lalu dikukus kurang lebih selama 5 menit , keluarkan dari kukusan . lalu masukkan selai atau bahan isian yang lain , selanjutnya isi penuh papercup dengan adonan . lalu kukus kembali selama 15 menit .
  2. Cara kedua ini hanya dipakai untuk cupcake yang topingnya akan dihias . pada saat cupcake sudah matang dan dingin , buatlah lubang dibagian atas cupcake sedalam kurang lebih 2-3 centi meter dengan menggunakan apple peeler . masukkan filling , kemudian tutup lagi dengan bagian cake yang terangkat ketika kita membuat lubang tadi .

Selesai , nah terbukti kan , walaupun tidak mempunyai mixer dan oven bunda dapat membuat cupcake yang enak dan lezat dari dapur bunda sendiri . yasudah , selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Cupcake Enak Tanpa Mixer Dan Oven ini dirumah . buka juga infromasi resep cake lainnya seperti Resep Membuat Muffin Cokelat Special Enak yang patut anda coba membuatnya juga dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . sekian , seeyou :)

Advertisement