Resep Membuat Kalio Daging Sapi Padang Enak

Resep Membuat Kalio Daging Sapi Padang Enak - hai , ketemu lagi dengan harianresep.blogspot.com ya bun . pagi-pagi kaya gini sudah ada rencana mau masak apa untuk keluarga tercinta belum bun ? kalau belum silahkan cek resep-resep masakan yang ada di Harian Resep yah , siapa tahu ada resep masakan yang dapat memunculkan ide-ide baru dalam memasak hari ini . kami sudah sajikan aneka masakan nusantara hingga luar negeri komplit dari aneka bahan-bahan yang dibutuhkan , cara membuat dan tips yang tentunya akan menambah wawasan anda dalam memasak .

Nah kali ini masih tentang masakan khas minang nih bun , jika beberapa waktu lalu kami sudah memosting tentang kalio ayam padang . pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang masakan khas minang yaitu kalio daging sapi padang . loh kok dari kemarin masakan minang terus sih yang di posting ? heheh , iya nih bun dari kemarin admin rasanya gregetan banget kalau liat masakan padang .

Rasanya kok enak-enak semua yah , jadi kayanya akan rugi sekali jika sampai masakan kalio daging sapi padang ini sampai ngga di posting :D . semoga saja bunda dirumah suka juga dengan kalio daging sapi padang ini yah bun . rasanya enak dan lezat banget loh bun . menggunakan bumbu rempah alami khas indonesia yang segar dan tambahan santan asli menambah citarasa yang ngga ada dua nya . cocok sekali dinikmati dengan nasi hangat bersama taburan bawang merah di atasnya ,

Mmmh , yumii banget bun , keluarga dirumah pasti suka . bunda dapat sajikan kalio dagong sapi padang ini sebagai menu sarapan pagi yang special untuk mengawali aktivitas . ataupun sebagai menu makan siang dan makan malam anda bersama keluarga agar terasa lebih istimewa . bisa jadi jika keluarga anda ketagihan , kalio daging sapi padang ini dapat menjadi hidangan selingan sehari-sehari atau bahkan menjadi hidangan vaforit keluarga .

Dalam membuat kalio daging sapi padang tentunya sangat mudah , percayalah anda hanya membutuhkan waktu sekitar limabelas menit untuk meracik bumbunya . yang sedikit lama dan bunda harus sedikit bersabar mungkin saat proses mengempukkan daging sapinya agar mendapatkan kalio daging sapi yang enak dan empuk . walaupun membutuhkan waktu yang sedikit lama , kami yakin anda pati akan puas jika mendapatkan hasil kalio daging sapi yang enak dan empuk . penasaran ? yasudah kita buat sama-sama yuck bun . untuk lebih jelas dari bahan-bahan yang dibutuhkan berserta cara membuatnya silahkan simak artikel Resep Membuat Kalio Daging Sapi Padang Enak seperti dibawha ini .

Resep Membuat Kalio Daging Sapi Padang Enak

Resep Membuat Kalio Daging Sapi Padang Enak
Kalio Daging Sapi Padang Enak Yang Wajib Dicoba

Bahan-bahan Kalio Daging Sapi Padang :

  • Daging sapi sandung lamur 1 kilo gram ( dipotong kecil-kecil sesuai selera )
  • Kentang 6 buah yang ukuran besar ( belah menjadi 4 bagian )
  • Santan kental 300 mili liter
  • Air untuk merebus daging hingga lunak 

Bumbu Halus Kalio Daging Sapi Padang :

  • Cabai merah besar 10 buah ( dibuang bijinya ) atau bisa menggantinya dengan 20 buah cabai keriting merah 
  • Cabai rawit 10 buah ( skip jika tidak ingin terlalu pedas )
  • Bawang merah 8 siung
  • Bawang putih 8 siung
  • Jahe 2 ruas jari
  • Kunyit 2 ruas jari
  • Ketumbar sangrai 2 sendok makan
  • Jintan 1/2 sendok teh
  • Kemiri 6 butir ( disangrai )

Bumbu Lainnya Kalio Daging Sapi Padang :

  • Daun jeruk purut 10 lembar
  • Serai 2 buah ( ambil bagian putihnya ) pipihkan 
  • Jari lengkuas 3 ruas ( belah dua lalu pipihkan )
  • Daun salam 5 lembar
  • Daun kunyit 2 lembar ( simpulkan )
  • Kapulaga 3 buah
  • Kembang lawang/pekak/star anise 3 buah 
  • Cengkeh 5 butir
  • Kayu manis 2 batang
  • Garam 1 sendok makan
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Minyak secukupnya untuk menumis 

Cara Membuat Kalio Daging Sapi Padang :

  1. Pertama-tama siapkan panci atau wajan , panaskan sekitar 3 sendok makan minyak goreng . lalu tumis bumbu halus hingga harum , aduk-aduk selama menumis agar bumbu halus tidak gosong . aduk dan tumis bumbu hingga matang dan berubah warnanya menjadi tidak pucat lagi .
  2. Selanjutnya tambahkan daun jeruk purut , daun salam , serai , lengkuas , daun kunyit , kapulaga , kembang lawang , cengkeh , kayu manis , lalu aduk hingga rata dan hingga daun bumbu menjadi layu .
  3. Setelah itu masukkan daging , aduk hingga rata . lalu tutup panci dan masak dengan menggunakan api kecil hingga daging mengeluarkan air dan airnya menyusut . tambahkan gula dan garam , serta 500 mili air panas . lalu rebus dengan api kecil hingga daging sapi empuk . jika daging belum empuk tetapi air telah menyusut habis , boleh anda tambahkan kembali air panas mendidih . rebus daging sampai terasa  empuk , masukkan kentang . lalu rebus lagi hingga kentang dan daging matang dan empuk .
  4. Kemudian tuang santan kental , masak dengan menggunakan api kecil sambil sesekali diaduk hingga kuah mendidih , santan matang dan berminyak . kalio merupakan masakan minang yang berkuah yang kental , jadi masak hingga kuag mengental namun jangan sampai kuah menyusut habis yah .
  5. Terakhir boleh dicicipi rasanya , lalu tambahkan jika ada yang kurang . seusaikan sendiri gula dan garam nya yah . angkat .
  6. Resep Membuat Kalio Daging Sapi Padang Enak siap untuk dinikmati .

Selesai , jika kita lihat bumbu-bumbu yang digunakan rempah-rempahnya sangat komplit sekali yah . pasti anda sudah dapat baayangkan donk , nikmat dan lezatnya kalio daging sapi ini . sajikan kalio daging sapi padang dengan nasi putih hangat atau dengan ketupat yang dipotong-potong . oh iya ternyata selain enak dinikmati sebagai hidangan sehari-hari , kalio daging sapi ini juga akan lezat sekali jika disajikan di acara-acara tertentu loh .

Seperti saat acara keluarga , lebaran idul fitri , lebaran idul adha , natal dan lain sebagainya . kalio daging sapi padang yang enak dan lezat dapat menjadi referensi sebagai pengganti masakan seperti gulai ayam atau opor ayam dalam merayakan lebaran idul fitri atau lebaran idul adha loh bun . kalio daging sapi padang jika dijadikan menu santap sahur atau berbuka juga enak dan lezat . pokoknya nikmat banget deh :D

Yasudah selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kalio Daging Sapi Padang Enak ini dirumah yah . buka juga informasi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Ayam Bakar Padang Asli Enak yang wajib untuk anda memcoba membuatnya juga dirumah . terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . jika anda menyukai artikel Resep Membuat Kalio Daging Sapi Padang Enak ini silahkan like atau share ke media sosial anda seperti facebook , twitter atau goegle plus anda agar lebih memudahkan kami dalam berbagi menu masakan lainnya . sekian , seeyou :)

Advertisement

iklan