Resep Membuat Gulai Ikan Lele Paling Enak

Resep Membuat Gulai Ikan Lele Paling Enak - Bete dirumah sendirian akhirnya kerumah kakek yang di baturaden daerah purwokerto jawa tengah . wah ternyata kakek lagi panen ikan mas sama ikan lele . yaudah dari pada bengong akhirnya bantuin kakek misahin antara ikan mas dan ikan lele yang besar sama ikan yang ukurannya sedang . wah ternyata cape juga yah , tadinya pas bantuin agak ngeri juga sih bun soalnya aku agak takut sama ikan lele .

Itu loh sama patilnya , duh jadi keinget pas dulu nggak tahu caranya ngolah ikan lele gimana . jadinya tangan aku kena patilnya deh , uh sakit banget ternyata ya . tapi kalau udah mateng mah ngga takut sih , malahan doyan banget . pokoknya jenis masakan ikan mas sama ikan lele apa saja pasti aku dan keluarga suka . ntah itu cuman di goreng saja , trus dibakar , di pecak sambal , dibumbu cabai , pakai bumbu bali atau di gulai .

Pokoknya makyuss dan yumi banget deh kalau ngomongin soal masakan yang berbahan dasar kedua ikan ini . soalnya enak dan gurih banget , apalagi kalau dinikmati dengan nasi putih hangat sama sambal yang super pedes wah kayanya habis dua piring juga ngga berasa yah :D eheheh . ngomongin soal ikan mas sama ikan lele kebetulan selesai bantuin kakek aku dibawain ikan lele sekitar 2 kiloan sama kakek . katanya sih buat keluarga dirumah , apalagi si kakek tahu tuh kalau mamah ku suka banget sama ikan lele .

Akhirnya sampai rumah langsung eksekusi ke dapur , di jalan sudah kebayang-bayang sama gulai ikan lele nih bun . jadi ikan lele yang dikasih kakeh sebagaian mau di masak bumbu bali dan setengah nya mau di bikin gulai . nah buat bunda-bunda dirumah yang lagi nyari-nyari resep gulai ikan lele yang paling enak dan sedap . boleh di coba loh resep gulai lele dari keluarga kami .

Dijamin sedap dan makyus banget deh bun , rasanya enak dan nikmat gurih dengan aneka bumbu rempah pilihannya yang membuat semakin terasa istimewa . kami juga memakai perasaan air jeruk nipis dalam membuatnya agar kuah santan atau kuah gulainya semakin segar dan sedap . jadi tunggu apa lagi kita buat sama-sama gulai ikan lele nya yuck . untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara membuatnya silahkan simak artikel resep gulai ikan lele nya dibawah ini .

Resep Membuat Gulai Ikan Lele Paling Enak

Resep Membuat Gulai Ikan Lele Paling Enak

Bahan-bahan Gulai Ikan Lele :

  • Ikan lele 5 ekor ( bersihkan lalu potong-potong )
  • Air jeruk nipis 2 sendok makan
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Santan 500 mili liter dari 1/2 butir kelapa
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Daun salam 1 lembar
  • Lengkuas 2 centi meter ( dimemarkan )
  • Air jeruk nipis 1 sendok makan
  • Minyak goreng 2 sendok makan ( digunakan untuk menumis )

Bumbu Halus Gulai Ikan Lele :

  • Bawang merah 4 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Kemiri 2 butir
  • Jahe 2 centi meter
  • Kunyit bakar 3 centi meter
  • Garam 3/4 sendok teh
  • Gula pasir 1/2 sendok teh

Cara Membuat Gulai Ikan Lele :

  1. Pertama-tama lumuri ikan lele dengan air jeruk nipis dan garam , diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap . kemudian goreng setengah matang .
  2. Setelah itu panaskan minyak goreng , lalu tumis bumbu halus , daun jeruk , daun salam dan lengkuas hingga tercium aroma wangi sedap .
  3. Selanjutnya tuangkan santan dan masukkan ikan lelenya , jika perlu silahkan tambahkan air sedikit .
  4. Masak hingga lele matang dan bumbu meresap . boleh dicicipi , jika ada yang kurang silahkan tambahkan .
  5. Terakhir sesaat sebelum diangkat tambahkan air jeruk nipis 1 sendok makan , aduk-aduk hingga rata . angkat .
  6. Resep Membuat Gulai Ikan Lele Paling Enak siap disajikan .

Selesai , taraaaa gulai ikan lelenya jadi juga . aroma kuah nya sedap banget bun , bumbunya pas dan nikmat banget kalau di padukan dengan ikan lele nya . oke , selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Gulai Ikan Lele Paling Enak ini dirumah yah . buka juga informasi aneka resep lainnya seperti Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri yang akan sayang sekali jika bunda lewatkan . 

Terimakasih sudah membuak Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . Jika kalian menyukai artikel Resep Membuat Gulai Ikan Lele Paling Enak ini jangan lupa share ke media sosial kalian yah . seperti facebook , twitter atau google plus kalian agar lebih memudahkan kami dalam berbagi resep lainnya . sekian , seeyou :)

Advertisement

iklan