Resep Membuat Rollade Tahu Daun Singkong Gurih

Resep Membuat Rollade Tahu Daun Singkong Gurih - Hai ketemu lagi dengan harianresep.blogspot.com yah . wah , ngga terasa sudah malam aja yah . maaf ya bun , aku baru sempet lihat dan bisa update di blog tercinta . gara-gara dari pagi sibuk ngurusin jualan di toko sama onlineshop aku  Dde SHOP .

Yang suka mampir ke akun G+ aku pastinya sering lihat postingan produk onlineshop ku sama resep di blog ku yah . yups , selain suka masak aku juga suka banget sama bisnis bun . jadi jangan pada heran lagi kalau akun G+ aku isinya gambar-gambar gadget dan masakan yah :D heheh . nah karena sudah malam jadi kali ini aku mau posting resep yang simpel dan gampang aja nih bun .

Biar besok pagi bisa langsung dipraktekin buat sarapan pagi keluarga sebelum memulai aktifitas . bernama Rollade Tahu Daun Singkong yang memiliki rasa enak dan gurih ini merupakan makanan yang berasal dari jawa tengah . sebenarnya gorengan jawa yang satu ini bisa disajikan sebagai lauk bisa juga buat camilan . rasanya yang enak dan gurih dapat menjadi lauk yang enak untuk teman nasi dan masakan lainnya bunda .

Namun enak juga loh kalau disajikan sebagai camilan yang enak saat nonton tv atau kumpul keluarga . namanya juga rollade tahu daun singkong jadi rollade ini dibuat dari bahan dasar tahu cina dengan isian daun singkong . kalau dilihat sih bahan-bahan yang digunakan sangat sederhana ya bun . tapi jangan salah , rasanya makyuss banget deh .

Kalau buat camilan rollade tahu daun singkong ini enaknya di makan sama cabai rawit kecil yang merah atau hijau biar pedasnya nampol . oh iya dalam memilih tahu yang akan diolah menjadi rollade tahu daun singkong ini usahakan pilih yang bagus ya biar ngga asam rasanya . tapi kalau pakai tahu pasar biasa juga ngga papa kok . tapi sebelum di olah menjadi rollade , tahunya direbus dulu dengan diberi sedikit garam sampai mendidih yah .

Kenapa harus direbus ? soalnya tahu cina atau tahu putih yang direbus dengan sedikit garam dapat mengurangi aroma asam pada tahunya . oke , buat kalian tahu lovers , yang mulai bosan menikmati tahu yang begitu-begitu saja . ayo dicoba ya , resep Rollade Tahu Daun Singkong yang enak dan mudah ini dijamin ketagihan . cekidot :)

Resep Membuat Rollade Tahu Daun Singkong Gurih

Resep Membuat Rollade Tahu Daun Singkong Gurih


Bahan Rollade Tahu Daun Singkong :

  • Tahu putih 300 gram
  • Daun singkong rebus 100 gram ( setelah direbus tiriskan , lalu peras dan beri sedikit garam agar rasanya enak )
  • Telur 2 butir ( 1 untuk campuran dan 1 butir lagi untuk pencelup )
  • Bawang putih 1 siung ( haluskan )
  • Kaldu bubuk rasa ayam 1 sachet kecil
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir 1/4 sendok teh
  • Merica bubuk 1/4 sendok teh

Cara Membuat Rollade Tahu Daun Singkong :

  1. Pertama haluskan tahu , lalu campurkan dengan bawang putih yang sudah dihaluskan dan bumbu-bumbu lainnya . aduk hingga rata , kemudian tambahkan 1 butir telur . aduk kembali hingga benar-benar rata .
  2. Selanjutnya ambil selembar daun pisang atau plastik tebal yang lebar . lalu ratakan adonan tahu diatasnya , baru taruh daun singkong nya . tata hingga daun singkong rata menutupi adonan tahu . 
  3. Setelah itu gulung dan bentuk adonan seperti lontong . lalu kukus kurang lebih selama 20 hingga 30 menit hingga matang . untuk satu adonan ini bisa dibuat menjadi 2 bungkus rollade . Jika sudah matang , lalu biarkan dingin .
  4. Jika sudah terasa dingin baru dipotong-potong rollade dan celupkkan ke kocokan telur ( 1 butir telur yang sebagai pencelup atau bahan pelapis ) . goreng rollade dengan minyak yang panas dengan api yang kecil hingga berubah warna menjadi kuning keemasan . 
  5. Angkat , tiriskan , Resep Membuat Rollade Tahu Daun Singkong Gurih siap untuk disajikan .

Nyam-nyam gorengan jawa yang satu ini emang enak dan gurih banget ya . rasanya pas enak lezat karena penggunaan bumbunya yang pas . wajib di coba nih bun resep rollade tahu daun singkong yang satu ini . dijamin keluarga dirumah suka dan ketagihan :D hihihi

Oh iya , untuk bahan pencelupnya selain menggunakan kocokan telur , bunda juga bisa menggantinya dengan adonan terigu . jadi nanti hasilnya kaya mendoan kaya gitu bun . lalu buat daun singkongnya setelah direbus dan diperas bunda bisa langsung potong-potong kecil daun singkongnya kalau takut nanti pas motong rollade setelah dikukusnya berantakan . cari aman aja bun :D 

Oke selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Rollade Tahu Daun Singkong Gurih yang kami bagikan kali ini yah . buka juga informasi resep lainnya seperti Resep Membuat Sosis Sapi Ayam Sehat Sendiri . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk kalian . jika kalian menyukai artikel Resep Membuat Rollade Tahu Daun Singkong Gurih ini jangan lupa share ke media sosial kalian yah . seperti facebook , twitter atau google plus . sekian , seeyou :) 

Advertisement

iklan