Resep Membuat Kue Rangin Pancong Dan Tips

Resep Membuat Kue Rangin Pancong Dan Tips - Kue tradisional indoensia yang satu ini selain enak ternyata merupakan salah satu kue yang unik . kenapa ? karena kue ini memiliki banyak sekali sebutan nama yang berbeda di masing-masing daerah . selain terkenal dengan sebutan nama kue rangin , kue ini juga sangat terkenal dengan sebuat kue pancong , kue panci baris , ada yang juga yang menyebut kue rangin ini kue brandos . bagi anda yang berdomisili di Betawi , jawa dan kota-kota lainnya tentu saja anda sudah tak asing lagi dengan kue ini bukan ?

Kue yang terbuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur santan ini merupakan kue legend yang saat ini masih populer dimana-dimana . biasanya kue rangin di jual di abang-abang yang suka keliling komplek ataupun para pedagang yang sering mangkal di tempat keramaian . seperti pemda , pasar tradisional , alun-alun , depan sekolahan dan lain sebagainya . aroma wangi dari kue rangin memang sangat menggoda sekali .

Rasa-rasanya tak ingin ketinggalan akan enak dan gurihnya kue rangin atau Kue pancong ini . kue rangin cocok sekali disajikan selagi hangat dengan taburan gula pasir sebagai penambah nikmatnya . menurut kami kue ini walaupun sering dimasak setengah matang namun tak membuat *neg* saat di makan . malahan menjadi bertekstur lembut didalam dan crispy di luar .

Dalam menikmati kue rangin atau pancong ini memang dapat dibilang sesuai selera . karena ada yang suka dengan kue rangin yang bertekstur lembut di dalam crispy diluar atau dapat dibilang setengah matang . dan ada pula yang lebih menyukai kue rangin yang dimasak sampai benar-benar matang sehingga didalam kue rangin lebih bertektur padat dan kering di luar . pada dasarnya kue rangin pancong ini memiliki rasa yang enak dan gurih sehingga selalu lezat di sajikan di berbagai suasana .

Nah , bagi anda yang ingin mencoba membuat kue rangin pancong dengan membuatnya sendiri dirumah namun tak tahu bahan-bahan dan cara membuatnya . anda tepat sekali membuka resep kue rangin yang harianresep.blogspot.com bagikan kali ini . karena kami akan membahas habis tentang kue rangin pancong secara tuntas . tentu saja dari resep , cara membuat dan tips yang akan membantu anda membuat kue rangin yang enak seperti didalam artikel resep kue rangin pancong dibawah ini .

Resep Membuat Kue Rangin Pancong Dan Tips


Bahan-bahan Kue Rangin Pancong :

  • Tepung beras 250 gram
  • Santan kental 400 mili liter ( dari 1/2 butir kelapa )
  • Santan encer 600 mili liter ( dari 1/2 butir kelapa )
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir 50 gram ( digunakan sebagai taburan )
  • Kelapa sedang ( yang tidak tua ) 240 gram ( diparut memanjang )
  • Minyak goreng atau margarin secukupnya ( digunakan untuk olesan )
  • Telur ayam 2 butir ( dikocok lepas )

Cara Membuat Kue Rangin Pancong :

  1. Langkah awal campurkan 100 gram tepung beras dengan santan kental , aduk hingga rata .
  2. Setelah itu masak di atas api sedang sambil terus diaduk hingga kental . angkat lalu sisihkan .
  3. Selanjutnya campur sisa tepung beras , kelapa sedang , rebusan tepung beras dan garam . aduk hingga rata . 
  4. Jika dirasa semua bahan sudah tercampur rata tambahkan telur dan santan cair , aduk kembali hingga rata .
  5. Kemudian panaskan cetakan kue pancong , jangan lupa olesi dengan minyak atau margarin secukupnya .
  6. Tuang adonan hingga 3/4 tinggi cetakan , lalu masak hingga matang sesuai selera . angkat . lakukan terus hingga adonan habis .
  7. Sajikan kue rangin atau pancong ini dengan diberi taburan gula pasir di atasnya . 

Tips Dalam Membuat Kue Rangin Pancong :

  • Pertama , pastikan cetakan sudah panas saat adonan kue dituangkan .
  • Kedua , saat memanggang kue rangin pancong , gunakan api kecil agar matangnya merata .
  • Ketiga , untuk menambah aroma harum pada adonan , anda dapat tambahakan daun pandan saat merebus santan dan tepung beras .

Begitulah Resep dan Cara Membuat Kue Rangin Pancong beserta dengan tips yang dapat membantu anda dalam membuat kue rangin yang enak dan hasilnya maksimal . bagi anda yang tidak mempunyai cetakan kue rangin atau pancong , anda dapat menggunakan cetakan takoyaki atau wajan cetakan sejenisnya . jadi jangan sampai anda tidak jadi mencoba resep kue rangin yang kami bagikan kali ini karena kendala cetakan . buka juga informasi resep lainnya seperti Resep Membuat Egg Tart Fruity Pie Susu Bali yang sayang sekali jika terlewatkan .

Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . jika kalian menyukai artikel Resep Membuat Kue Rangin Pancong Dan Tips jangan lupa share kemedia sosial anda yah . sekian :)

Advertisement