4 Resep Membuat Menu Sahur Enak Praktis

4 Resep Membuat Menu Sahur Enak Praktis - ALhamdulilah yah , hari ini sudah mulai menjalankan Ibadah sholat taraweh , besok sudah mulai puasa . duuh nikmatnya :) semoga tahun ini puasa nya full satu bulan ya teman-teman . tapi kalau buat wanita mah ngga bakal bisa satu bulan full ya :D hehhe . biasa tamu bulanan yang suka datang tiba-tiba disaat lagi rajin-rajinnya puasa .

Yah , namanya kodrat wanita ya , semua harus selalu disyukuri , karena pasti ada hikmah dibalik semuanya . yang penting niat dan menjalankan ibadah puasanya dengan iklas . terus yang bolongnya bisa diganti dihari-hari biasa sebelum bulan puasa tahun depan tiba ataupun sesudah lebaran Idul Fitri . nah , berbicara tentang puasa , teman-teman sudah pada punya menu buka puasa dan menu sahur belum nih ?

Bakal repot banget kayanya ya , kalau teman-teman belum ada ide mau menyajikan apa untuk menu buka puasa besok . nah , daripada galau ngga jelas , coba aja deh buka Resep Membuat Menu Buka Puasa Enak Sehat Praktis ini . siapa tahu ada salah satu masakan yang nyangkut dihati , sehingga anda besok ngga akan kesulitan menentukan menu apa saja yang akan disajikan untuk menu buka puasa .

Lalu untuk menu sahurnya anda tepat sekali membuka resep yang kami bagikan kali ini . karena kami akan membagikan 4 resep praktis untuk Menu sahur yang dapat anda pratekkan dirumah dengan mudah . menu sahur praktis yang kami sajikan kali ini adalah Ayam Goreng Jagung , Tumis Pedas Tofu , Orak-Arik Telur Sayuran dan Mie Kuah Bayam . jika kita melihat ke empat menu tersebut kayanya teman-teman bakal rajin untuk santap sahur nih :D .

Iya dong , masakan sederhana yang diolah dengan rasa cinta dan kasih sayang pasti akan menyajikan rasa yang luar biasa sedapnya . jadi buat teman-teman yang belum punya ide akan membuat apa untuk menu sahur nanti , anda dapat mencoba menyajikan Aneka Menu Sahur yang kami bagikan kali ini .  keluarga dirumah pasti suka dengan masakan yang anda sajikan , karena enak dan lezat . yasudah , yuck dicoba yuck 4 Resep Membuat Menu Sahur Enak Praktis yang super enak seperti berikut ini :) 

Pertama , Resep Ayam Goreng Jagung 

Resep Ayam Goreng Jagung

Bahan-bahan Ayam Goreng Jagung :

  • Paha ayam bagian bawah 4 buah ( dikerat-kerat )
  • Bawang putih 1 siung ( diparut )
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Pelapis Ayam Goreng Jagung :

  • Tepung terigu 2 sendok makan
  • Putih telur ayam 1 buah ( kocok hingga berbuih )
  • Cornflakes 40 gram ( memarkan agak halus )

Cara Membuat Ayam Goreng Jagung :

  1. Langkah awal , lumuri paha ayam dengan bawang putih , merica dan garam hingga rata .
  2. Selanjutnya lapisi dengan tepung terigu , lalu celup ke dalam putih telur hingga rata . balut dengan cornflakes hingga rata . lalu diamkan hingga agak kering .
  3. Setelah itu goreng dalam minyak panas hingga kering dan matang , angkat , tiriskan .
  4. Ayam Goreng Jagung siap disajikan untuk santap sahur , selamat mencoba :)

Kedua , Resep Tumis Pedas Tofu 

Resep Tumis Pedas Tofu

Bahan-bahan Tumis Pedas Tofu :

  • Tofu sutera 1 buah ( 300 gram ) , tiriskan 
  • Minyak sayur 1 sendok makan
  • Bawang putih 2 siung ( dicincang halus )
  • Cabai merah giling 1 sendok teh
  • Wortel 100 gram ( diiris kecil memanjang )
  • Jamur shitake segar 2 buah ( dipotong dua )
  • Daun kailan muda 150 gram ( dipotong-potong )
  • Saus cabai botolan 2 sendok makan
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Air 100 mili liter
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh

Cara Membuat Tumis Pedas Tofu :

  1. Langkah awal panaskan wajan datar , beri sedikit minyak . kemudian masak tofu hingga agak kering kedua sisinya , angkat , tiriskan .
  2. Selanjutnya tumis bawang putih hingga kuning dan tercium aroma wangi sedap , masukkan cabai , aduk hingga rata . 
  3. Kemudian masukkan sayuran , aduk sebentar . tambahkan tofu , tambahkan air dan sisa bumbu , lalu masak hingga kuah hampir habis . angkat , sajikan selagi hangat .

Ketiga , Resep Orak-Arik Telur Sayuran 

Resep Orak-Arik Telur Sayuran

Bahan-bahan Orak-Arik Telur Sayuran :

  • Telur ayam 2 butir
  • Minyak sayur 3 sendok makan
  • Bawang puth 2 siung ( dicincang )
  • Daging ayam 50 gram ( iris tipis lebar )
  • Bokchoy 100 gram ( dipotong-potong 3 centi meter )
  • Jamur shimeji 75 gram ( bersihkan )
  • Saus tiram 1 sendok makan 
  • Kecap asin 1 sendok makan
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh

Cara Membuat Orak-Arik Telur Sayuran :

  1. Langkah awal kocok telur bersama sedikit garam dan merica hingga rata . lalu panaskan sedikit minyak diwajan , lalu tuangkan telur kocok , aduk hingga berbentuk gumpalan besar . masak hingga matang ,angkat .
  2. Selanjutnya panaskan kembali 2 sendok makan minyak goreng , tumis bawang putih hingga kuning dan wangi . masukkan irisan ayam , aduk hingga kaku . tambahkan bokchoy dan jamur shimeji , aduk hingga layu . 
  3. Kemudian tambahkan bumbu , telur dadar dan sedikit air . masak hingga bumbu meresap dan agak kering . angkat , sajikan selagi panas .

Keempat , Resep Mie Kuah Bayam 

Resep Mie Kuah Bayam

Bahan-bahan Mie Kuah Bayam :

  • Mie telur basah/segar 250 gram

Bahan Kuah Mie Kuah Bayam :

  • Minyak sayur 1 sendok makan
  • Bawang putih 1 siung ( dicincang halus )
  • Daging ayam 75 gram ( diiris kecil )
  • Hati ayam 2 buah ( diiris kecil )
  • Kaldu ayam 750 mili liter
  • Daun bayam/sawi 75 gram ( diiris kecil )
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Tepung kanji 1 sendok makan ( larutkan dengan sedikit minyak )
  • Telur ayam 1 butir ( dikocok lepas )

Taburan Mie Kuah Bayam :

  • Bawang merah goreng 2 sendok makan

Cara Membuat Mie Kuah Bayam :

  1. Langkah awal tumis bawang putih hingga wangi , masukkan daging dan hati ayam , aduk hingga kaku . tuangi kaldu ayam , didihkan .
  2. Selanjutnya masukkan bayam dan bumbu , didihkan kembali . lalu masukkan mie , larutan kanju dan telur kocok , aduk hingga kental . angkat , sajikan selagi panas dengan bawang merah goreng .

Demikian informasi tentang 4 Resep Membuat Menu Sahur Enak Praktis yang dapat di pratekkan dirumah . selamat mencoba dan bekreasi sendiri dengan ke 4 Resep Menu Sahur yang sudah kami sajikan hari ini . untuk bahan-bahan yang digunakan tidak selalu berpatokan dengan bahan-bahan yang kami sajikan . silahkan berkreasi dengan bahan-bahan yang menjadi favorit anda , agar semakin bersemangat untuk santap sahur nya .

Jangan lupa baca juga Resep lainnya seperti 7 Resep Menu Takjil Berbuka Puasa Terbaru yang akan sayang sekali jika anda lewatkan . Terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . sekian :)

Advertisement

iklan