Resep Membuat Es Dawet Ireng Khas Purworejo

Resep Membuat Es Dawet Ireng Khas Purworejo - Minuman segar es dawet merupakan salah satu minuman yang khas sekali dari daerah Jawa Tengah. rasanya yang segar dengan santan dan sirup gula yang menemaninya memang nikmat sekali. es dawet ini terbuat dari tepung tapioka dan tepung beras yang diolah menjadi butiran-butiran dawet dengan bentuk kecil memanjang. pada umumnya es dawet khas Jawa Tengah ini memiliki warna yang khas yaitu warna hijau.

Es dawet yang memiliki ciri khas berwarna hijau yang didapat dari daun suji atau pasta pandan disebut dengan Es Dawet Ayu. Es dawet ayu ini merupakan salah satu minuman dingin enak yang khas dari Kota Banjarnegara Jawa Tengah. untuk resepnya sudah kami bagikan beberapa waktu lalu ya. nah buat anda yang ingin mencoba membuatnya silahkan cek Resep Es Dawet Ayu nya disini Resep Membuat Es Dawet Ayu Atau Cendol Banjarnegar Segar.

Selain populer dengan Es dawet ayu nya, di sebelah Kota Banjarnegara juga terkenal dengan es dawet nya. namun kali ini bukan es dawet hijau, ataupun es dawet merah atau yang disebut dengan Red Dawet. namun disana terkenal sekali dengan dawet yang memiliki warna hitam. tepatnya di Kota Purworejo Jawa Tengah, dan dawet hitam ini ngehits dengan sebutan nama Es Dawet Ireng.

Pernah dengar Minuman Segar Es Dawet Ireng? es dawet ini merupakan salah satu minuman kebanggaan Khas Purworejo. disana ada salah satu penjual es dawet ireng yang terkenal dan es dawetnya selalu dicari oleh orang-orang yang ingin melepas dahaga. yups, bagi anda yang tinggal di Kota Purworejo tentu saja sudah tak asing lagi dengan Es Dawet Ireng Khas Butuh Purworejo bukan? 

Butuh disini merupakan daerah di Kota Purworejo yang terkenal akan es dawet irengnya. penjual biasanya berjualan dibawah jembatan butuh, sehingga ada orang yang menyebutnya dengan Es Dawet Ireng Butuh Purworejo atau Es Dawet Ireng Jembut ( Jembatan Butuh ). untuk nama Dawet Khas Jembut ini memang terdengar jorok ya, namun disana terkenal dengan sebutan ini yang berartian singkatan dadi Es Dawet Jembatan Butuh. yah, apapun namanya, yang jelas Es Dawet Ireng Purworejo sangat enak dan segar.

Warna ireng atau warna hitam yang khas dari Es Dawet Ireng Purworejo ini bukan dari pewarna makanan yah. namun warna hitam pekat tersebut diperoleh dari penggunaan air abu merang diadonan dawet ireng. mungkin sebagian dari anda bingung, apa sih abu merang itu? abu merang adalah abu yang dibuat dari daun padi kering atau yang dalam bahasa jawanya sering disebut oman, lalu dibakar hingga manjadi abu. setelah itu, abu merang dicampur dengan sedikit air dan dapat menghasilkan warna hitam pekat alamai tanpa menggunakan bahan pewarna lainnya.

Keunggulan dari penggunaan air abu merang selain dapat membuat warna ireng alami, air abu merang ini juga mampu mengenyalkan sang dawet ireng. maka tak aneh lagi bila abu merang sering digunakan di berbagai Aneka Jajanan Pasar Tradisional yang hingga saat ini masih populer. untuk Cara Membuat Es Dawet Ireng Khas Purworejo tentu saja sangat mudah dan praktis. anda tidak akan kesulitan dalam membuatnya, apalagi sudah kami bagikan Bahan-bahan Dan cara Membuat Es Dawet Ireng Khas Purworejo seperti berikut ini. selamat mencoba :)

Resep Membuat Es Dawet Ireng Khas Purworejo 

Resep Membuat Es Dawet Ireng Khas Purworejo

Bahan-bahan Dawet Ireng Purworejo:

  • Tepung tapioka atau tepung sagu 50 gram
  • Tepung beras 60 gram
  • Air 800 mili liter
  • Abu merang 5 sendok makan ( dilarutkan dengan 100 mili liter air, endapkan atau bisa juga disaring dengan saringan halus, sisihkan )
  • Garam 1 sendok teh

Bahan Sirup Gula Dawet Ireng :

  • Gula merah 250 gram ( disisir halus )
  • Daun pandan 2 lembar
  • Air 250 mili liter 

Bahan Kuah Santan Dawet Ireng :

  • Santan kelapa 500 mili liter ( terbuat dari 1 butir kelapa )
  • Daun pandan 2 lembar
  • Garam 1/4 sendok teh

Bahan Pelengkap Es Dawet Ireng :

  • Es batu secukupnya
  • Nangka secukupnya ( dipotong-potong kecil )

Cara Membuat Es Dawet Ireng Khas Purworejo :

  1. Dawet Ireng : Langkah awal campurkan tepung beras, tepung tapioka, dan air abu merang dalam wadah yang cukup besar hingga merata. masukkan air lalu larutkan campuran bahan hingga tercampur dengan rata. 
  2. Setelah itu rebus adonan dengan menggunakan api sedang sambil diaduk-aduk hingga adonan mengental. sebagai tanda bila adonan sudah meletup-letup segera matikan kompor, lalu angkat.
  3. Selanjutnya tuang adonan ke dalam cetakan cendol yang diletakkan diatas baskom yang berisi air es. tekan-tekan adonan hingga dawet ireng atau cendol berjatuhan ke dalam air es, lakukan terus hingga adonan habis. saring dawet yang sudah jadi, lalu masukkan kedalam air matang dingin.
  4. Sirup Gula : Didihkan semua bahan sirup yang sudah disediakan diatas dengan menggunakan api sedang hingga kental, aduk rata. angkat.
  5. Santan : rebus bahan kuah santan dengan menggunakan api sedang sambil terus diaduk sampai mendidih dan santan matang.
  6. Penyajian Es Dawet Ireng : Siapkan gelas atau mangkuk saji, lalu isi dengan Dawet Ireng, Santan Dan Sirup gula sesuai selera atau secukupnya. sajikan dengan bahan pelengkap seperti es batu dan potongan buah nangka agar lebih enak dan segar.

Untuk Es Dawet Ireng Purworejo Asli biasanya dibuat dengan menggunakan Tepung Kerut. namun karena jenis tepung sejenis ini sudah sangat sulit didapat sehingga pada Resep Es Dawet Ireng Praktis ini kita ganti dengan menggunakan tepung tapioka atau yang disebut dengan tepung sagu. selaian digunakan dalam pembuatan dawet dan aneka jajanan tradisonal lainnya, Tepung sagu dan tepung beras juga dipakai dalam pembuatan Es Cendol Bandung.

Untuk tekstur cendol khas bandung teskturnya sama-sama kenyal dengan berwarna hijau dan merah seperti es dawet ya. namun biasanya Es Cendol Bandung bentuknya lebih besar dan lebih kenyal sedikit ketimbang cendol dawet. sedangkan untuk Es Dawet Ireng Butuh Purworejo Asli biasanya menggunakan santan yang langsung dari pemerasaan santan tersebut. namun jika menggunakan santan seperti ini Es Dawet jadi cepat basi, sehingga kita harus mengolah santan terlebih dahulu agar lebih tahan lama.

Pemilihan gula merah yang bagus dan berkualitas juga sangat berpengaruh kepada hasil terbaik sirup gula. untuk ini kita akan memberikan Tips Cara Memilih Gula Merah Yang Baik untuk Es Dawet Ireng Khas Purworejo. Nah, bila anda ingin membeli gula merah, usahakan pilihlah yang padat, tidak berpasir dan tidak berongga. lalu pilihkan gula merah dengan tekstur keras dengan warna cerah merata atau coklat tua, ingat!! bukan pucat atau hitam loh ya.

Selanjutnya pilihlah gula merah yang utuh dan tidak berbelah, ciri-ciri gula merah yang asli bila disisir halus biasanya gula merah tersebut agak sedikit lengket di pisau, sedangkan untuk gula merah palsu biasnaya masir bila disisir dengan pisau. nah itu dia, sedikit tips dalam memilih gula merah yang bagus dan berkualitas nya. cukup mudah untuk di pahami kan?

Oh iya, penggunaan buah nangka di dalam Es Dawet Ireng Mudah ini menciptakan aroama wangi yang sangat enak dan sedap. anda dapat menambahkan sedikit di sirup gulanya atau bisa juga disajikan dikuah Es Dawet Ireng Purworejo. bila suka, buah nangka bisa diganti dengan buah durian agar wanginya lebih semerbak dan lebih menggoda banyak orang untuk segera mencicipi segarnya Es Dawet Ireng Kota Purworejo ini. 

Demikian informasi mengenai artikel Resep Membuat Es Dawet Ireng Khas Purworejo nya. selamat mencoba dan berkreasi sendiri dirumah ya. buka juga informasi minuman segar dan menyehatkan lainnya seperti Resep Es Lidah Buaya Segar Menyehatkan yang sayang sekali bila anda lewatkan. terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com, semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat. sekian ;)

Advertisement

iklan