Resep Bolu Kukus Pandan Irit Telur Enak Kempus

Resep Bolu Kukus Pandan Irit Telur - Versi Wikipedia bolu atau kue bolu yang dalam bahasa Inggrisnya cake adalah kue yang dibuat dengan bahan dasar tepung. Umumnya dibuat dari tepung terigu, gula dan telur. Kue bolu atau cake ini dapat dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven. Walaupun saat ini ada juga bolu yang dikukus seperti bolu kukus atau brownies kukus.

Nah kebetulan di dapur lagi ada endapan daun pandan, akhirnya di buat bolu pandan saja lah. Kebetulan saya lagi pengin bolu pandan yang menul-menul kempus gitu. Jadi kali ini saya akan membuat bolu pandan versi kukus. Cara membuat bolu kukus pandan ini menurut saya super gampang dan praktis banget. 


Soalnya dibuatnya dengan metode all in one, yaitu dengan cara mencampurkan semua adonan menjadi satu, lalu dikocok sampai adonan menjadi kaku atau yang dalam bahasa kerennya kental berjejak / jambul petruk. Setelah adonan selesai di mixer, baru deh di kukus ke dalam panci kukus yang sudah berisi air mendidih agar uap panasnya banyak.

Step By Step Cara Membuat Bolu Kukus Pandan

Tips bagi pemula atau yang baru belajar memasak kue mungkin pernah mengalami apa yang dulu saya alami. Pas pertama sekali membuat bolu kukus, saya tidak tahu bahwa mengukus cake, bolu atau brownies kukus itu harus dalam kondisi yang benar-benar panas dan air mendidih. Karena kukusan saya waktu itu belum panas akhirnya cake yang saya buat jadi tidak mengembang alias bantet.


Walaupun rasanya enak, tapi kalau bantat gitu rasanya ngenes banget deh. Setelah browsing-browsing dan belajar otodidak akhirnya tahu deh sekarang kalau mau mengukus kue, bolu atau cake ke dalam kukusan itu panci kukusan harus benar-benar panas dan airnya harus sudah mendidih. Lalu jangan lupa tutup panci atau kukusannya di alasi dengan serbet atau kain bersih. Yang bertujuan agar uap tidak jatuh ke adonan kue, alhasil kue nya pun akan mengembang dengan sempurna.

Walaupun terbuat dari resep bolu kukus yang sederhana dengan bahan yang murah meriah. Hasil dari bolu kukus pandan yang masuk ke dalam resep bolu kukus pandan irit telur ini enak dan kempus loh bun. Menul-menul kempus ringan gitu mirip dengan olahan chiffon. 

Bagi yang ingin membuat kue bolu kukus pandan irit telur ini, yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Bolu Kukus Pandan seperti dibawah ini.

Step By Step Cara Membuat Bolu Kukus Pandan 

Step By Step Cara Membuat Bolu Kukus Pandan

Bahan-bahan Bolu :

  • Gula pasir 90 gram
  • Telur 2 butir
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Tepung terigu (kunci) 75 gram
  • SP 1/2 sendok teh (pelembut kue, bisa dibeli di toko bahan kue terdekat)
  • Baking powder 1/4 sendok teh
  • Pasta pandan 1/2 sendok teh (bisa menggunakan 2 sendok makan endapan atau jus pandan)
  • Minyak goreng 50 mili liter (minyak canola)

Langkah Membuat Bolu Kukus Pandan :

  1. Mixer gula,telur dan garam hingga sedikit mengembang lalu masukan sp. Mixer dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 10 menit hingga kental berjejak.
  2. Tambahkan pasta pandan dan vanili bubuk.
  3. Masukan tepung dan baking powder sambil diayak aduk balik (saya mixer dengan kecepatan rendah hingga rata saja).
  4. Tambahkan minyak goreng. aduk balik dengan spatula hingga rata dan homogen. Lalu tuang ke loyang yang sudah diolesi tipis margarin.
  5. Kukus dengan kukusan yang sudah dipanaskan dan beruap banyak. Jangan lupa tutup kukusan atau tutup panci di alasi serbet atau kasin bersih agar uap air tidak jatuh. Kukus selama 15-20 menit. Tutup dandang jangan bolak balik dibuka ya nanti hasilnya bantet.
  6. Angkat loyang, dinginkan, potong sesuai selera.

Bagaimana bun, mudah dan super praktis kan proses pembuatan bolu kukus pandannya? Bagi yang ingin membuat kue bolu pandan untuk cake ulang tahun atau syukuran. Atasnya bisa di olesi dengan icing dari krim mentega (buttercream), fondant atau marzipan ya. Nanti hasilnya jadi mirip kue tart (kue tarcis). Untuk pemanis atau hiasannya bisa di beri beberapa buah cheery segar atau manisan cherry kering yang biasa dijual dalam kemasan kaleng.

Kalau saya sih karena cuma untuk camilan di rumah, jadi saya cukup olesi sedikit buttercream kemudian saya taburi keju parut sebagai toppingnya. Hasilnya jadi manis gurih gitu, paling cocok untuk temal temil saat nonton tv dan bersantai dengan ditemani teh hangat atau kopi favorit. Tapi bagi yang suka manis, di beri taburan meises coklat juga endes loh. 


Atau kue bolu pandan kukus ini di belah jadi dua bagian, lalu tengahnya diberi olesan selai juga mantap. Selai yang dipakai bisa selai coklat, selai kacang, blueberry, strawberry dan diberi santan juga oke. Suka-suka saja untuk berkreasi ya bun, pokoknya tidak ada batasan untuk mengkreasikan bolu kukus pandan ini. 

Walaupun bolu kukus vanila dan bolu kukus cokelat masih menjadi juara di hati banyak orang. Namun bolu kukus pandan juga saat ini sudah menjadi favorit banyak orang loh. Aroma pandan dengan wangi yang khas memang selalu menggoda. Jadi tidak ada salahnya dong kalau kali ini bunda mencoba Resep Bolu Kukus Pandan Irit Telur Enak Kempus yang saya bagikan kali ini. Dijamin anak-anak dan keluarga lainnya pasti suka :)

Terimakasih sudah membuka resep membuat bolu kukus pandan simple 2 telur ala harianresep.blogspot.com, semoga bermanfaat ya, silahkan share bunda :)

Advertisement

iklan