Resep dan Cara Membuat Puding Susu Buah Naga

Puding Susu Buah Naga - Puding merupakan dessert atau makanan penutup yang memiliki banyak sekali variasinya. Yah kebanyakan memang buah-buahan yang paling enak dijadikan puding. Secara entah kenapa kalau puding dibuat dengan potongan buah kok rasanya makin segar ya. Apa lagi kalau disantap dalam kondisi dingin seperti halnya puding susu buah naga ini. 

Beuhh, rasanya mantapp deh! Apa lagi kalau disajikan lengkap dengan vla vanila pasti lebih maknyuss. Nah saya punya sedikit tips saat membuat puding ya bun. Jadi tips sederhananya kalau puding akan disajikan bersama vla, sebaiknya puding dibuat jangan terlalu manis. Agar rasanya bisa ngebland nikmat dengan vla vanila atau vla susu yang manis legit. 


Adanya ide membuat puding susu buah naga ini berawal dari buah naga yang melimpah di rumah. Ini adalah buah naga sisa tante saya kemarin sehabis diet mengkonsumsi buah naga untuk di buat Jus. Karena sudah berhasil menurunkan berat badan sesuai target jadi mulai mengurangi mengkonsumsi buah naga ini. Wah, saya malah jadi takut kalau nanti tante saya jadi khilaf lagi :D heheheh.

Nah dari pada bingung, akhirnya dibuat puding saja deh. Buah naga kalau dibuat puding paling enak ya buah naga merah, hasilnya enak dan warnanya cantik. Sebenarnya bisa juga sih pakai buah naga putih, tapi menurut saya warnanya jadi pucet dan kurang menggugah selera. Paling kalau ingin ada tampilan cantik dengan rasa yang bervariasi ya paling dikombinasikan atau dilapisi dengan olahan puding lainnya. Dari coklat, vanila, strawberry, susu, blueberry dan aneka variasi puding buah kiwi, mangga dll.


Saya paling suka dengan buah naga itu ya karena ada kres-kresnya ketika mengunyah biji-bijinya. Cruncy gitu! Jadi selain dijadikan puding susu buah naga, buah naga juga dapat di olah menjadi cake buah naga dengan berbagai variant topping. Bahkan saking kreatifnya, kini ada juga stik buah naga yang cukup terkenal di Kota Batam.

Nah kali ini buah naga ini saya olah menjadi puding susu, dengan resep puding susu buah naga andalan saya yang sangat mudah dibuat kapanpun. Jadi bunda tinggal variasikan saja sesuai selera untuk bahan tambahnnya. Misal mulai dari takaran gula, susu, serta air yang digunakan untuk membuat puding susu buah naga ini. 

Bagi yang ingin mencoba membuat nya, berikut saya bagikan Bahan-bahan dan Cara Membuat Puding Susu Buah Naga seperti berikut ini.

Step By Step Membuat Puding Susu Buah Naga 

Step By Step Membuat Puding Susu Buah Naga

Bahan-bahan Puding Buah Naga :

  • Agar-agar plain / putih / tidak berasa 1 bungkus
  • Gula pasir 5 sendok makan 
  • Air 480 mili liter atau 2 cup
  • Susu cair 240 mili liter atau 1 cup
  • Buah naga merah 1 buah (kurang lebih 200 gram)

Cara Membuat Puding Susu Buah Naga :

  1. Langkah awal blender buah naga dengan susu cair. 
  2. Selanjutnya dalam panci, campur bubuk agar-agar, air dan gula pasir. Aduk sampai benar-benar larut lalu masak hingga panas.
  3. Tuang campuran buah naga dan susu, aduk rata kembali dan masak sampai mendidih.
  4. Setelah itu tuang adonan puding ke dalam cetakan yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air matang. Dinginkan hingga mengeras.
  5. Lebih enak lagi jika dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu.
  6. Nikmati dalam keadaan dingin.
Jika suka dengan tambahan vla, berikut resep vla homemade super simple yang dapat bunda buat kapan saja dirumah.

Cara Membuat Vla Puding Susu Buah Naga

Cara Membuat Vla Puding Susu Buah Naga

Bahan Vla / Fla :

  • Susu cair 240 mili liter atau 1 cup
  • Tepung maizena 2 sendok makan
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Pasta vanila 1 sendok teh

Langkah Membuat Vla :

  1. Larutkan tepung maizena dengan susu, tambahkan pasta vanila dan gula pasir.
  2. Panaskan dengan api kecil sambil terus diaduk sampai mengental dan meletup.
  3. Matikan api dan dinginkan.
  4. Sajikan bersama puding susu buah naga dingin.

Selain susu, sebenarnya puding buah naga ini dapat dikreasikan dengan santan. Namun agar lebih sehat sebaiknya penggunaan santan diganti dengan susu cair saja. Jadi aman dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Berbeda lagi dengan olahan puding buah naga untuk bayi atau balita, penggunaan susu cair bisa diganti dengan susu dancow dan gulanya bisa dikurangi lagi. 


Bagaimana mudah bukan membuat Resep dan Cara Membuat Puding Susu Buah Naga ini? Semoga bisa menginspirasi mengolah puding buah di rumah ya bun. Silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengam menambahkan bahan lainnya atau mengikuti resep puding buah naga yang saya bagikan. 

Monggo di share, semoga bermanfaat ya bun :)

Advertisement