Resep dan Cara Membuat Asinan Rambutan Kekinian Segar

Asinan Rambutan Kekinian - Suka rambutan? Jika iya, yuk di coba asinan rambutan kekinian yang akan saya bagikan! Rasanya segar banget loh bunsay. Saya saja klepek-klepek dan langsung jatuh hati dengan olahan asinan buah yang satu ini. Versi Resep Membuat Asinan Buah Khas Bogor Asli Segar kan pakai buah macam-macam ya, mulai dari pepaya, kedondong, mangga, ubi merah, nanas, timun, bengkuang dll.

Berbeda dengan asinan rambutan kekinian yang segar ini. Karena bahan utamanya hanya buah rambutan yang dikupas dan dibuang bijinya, kemudian di beri bumbu rujak pedas. Seperti garam, gula, jeruk sambal dan cabai rawit saja. Jadi bisa di bayangkan ya, kalau membuat asinan rambutan yang satu ini perihal yang sangat mudah, simple dan super praktis.

Cicipi Juga : Resep Membuat Asinan Sayuran Jakarta Khas Betawi

Bagaimana tidak praktis, wong cuma kupas buah rambutan terus diaduk-aduk bersama bumbu sederhana yang saya sebutkan tadi. Tidak perlu uleg-uleg lagi layaknya membuat sambal pedas. Jadi cuma di potong-potong atau iris tipis saja tuh cabai, beres. Aduk-aduk sampai rata, kemudian dinginkan sebentar di dalam kulkas biar makin mantap. Asli ini seger banget bun :)

Walaupun saat ini belum musim rambutan dan masih sulit sekali mencari rambutan. Tapi tidak mematahkan semangat saat siang tadi yang muter-muter kota Purwokerto demi satu ikat rambutan. Kalau di tempat saya harganya masih mahal bun, Rp 40.000.- per ikatnya. Tapi tak apalah ya, dari pada harus gagal mencoba membuat asinan rambutan kekinian yang selalu membuat saya meneteskan air liur ketika melihat gambar nya dari para food blogger yang sliweran dimana-mana.

Coba Juga : Cara Membuat Manisan Kolang Kaling, Enak, Cepat Dibuat dan Sehat Tanpa Fanta

Nah dari pada penasaran, yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Asinan Rambutan Kekinian seperti berikut ini.

Step By Step Membuat Asinan Rambutan Kekinian

Step By Step Membuat Asinan Rambutan Kekinian

Bahan Bumbu Asinan Rambutan :

  • Rambutan 1 ikat
  • Cabai rawit merah 5 buah (bisa disesuaikan dengan selera)
  • Jeruk limau (limo) 2 buah, peras, ambil airnya (tips, lebih enak jika pakai jeruk kunci)
  • Jeruk limau 1 buah, iris tipis
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Garam 1/2 sendok makan

Cara Membuat Asinan Rambutan Kekinian :

  1. Langkah awal kupas rambutan, lalu pisahkan dengan bijinya.
  2. Selanjutnya campur dengan semua bahan bumbu di atas, koreksi rasa. Rasa harus asam asin pedas dan manis ya, seperti asinan a la Korea Kimchi. Jadi silahkan atur sesuai selera.
  3. Jangan tambahkan air, karena rambutan akan berair setelah didiamkan minimal 4 jam di dalam kulkas.
  4. Langsung sajikan atau bisa masukkan kulkas terlebih dahulu agar bumbu meresap. Maknyusss!

Bagi yang suka rasa asam sekali, boleh ditambahkan dengan asam boi atau asam kiambue. Tapi kalau saya tidak pakai asam boi atau asam kiambue saja rasanya sudah pas di lidah, super endes dan segar.

Jangan Lewatkan : Resep Manisan Kulit Melon Madu, Camilan Anak Yang Segar dan Sehat

Sebenarnya asinan rambutan yang bisa disebut rujak rambutan dan manisan rambutan ini sudah populer di Kalimantan dari beberapa waktu lalu. Hanya saja akhir-akhir ini semakin hitz dan fenomenal di Indonesia. 

Kalau kata teman saya yang di Kalimantan selain rambutan yang enak di jadikan asinan dengan bumbu asinan ini adalah buah kedondong. Next wajib di coba asinan kedondongnya ya.

Wowkeh, demikian yang dapat saya sampaikan mengenai bahan-bahan, tips dan cara membuat Resep dan Cara Membuat Asinan Rambutan Kekinian Segar

Selamat mencoba, semoga sesuai selera :)

Silahkan di share bunsay, terimakasih ...

Advertisement