Resep Bolu Nutrijel Coklat All In One Method

Resep Bolu Nutrijel Coklat All In One Method - Resep bolu nutrijel yang saya buat ini bersumber dari Kheyla's Kitchen. Pas pertama lihat review nya saya langsung tertarik ingin segera mencobanya. Soalnya di lihat dari picture nya saja serasa hasil dari resep bolu nutrijel coklatnya serasa kempus, lembut hampir saudaraan dengan chiffon cake yang beberapa waktu lalu saya bagikan. Bagi yang ingin mencicipi chiffon cake boleh klik resepnya di sini Sponge Cake Dasar.

Adanya bolu nutrijel ini menurut saya menambah kreasi cara mengolah bubuk nutrijel yang biasanya hanya di olah menjadi olahan puding saja. Yah, memang tidak bisa di pungkiri kalau ibu-ibu sekarang memang sangat kreatif. Sebenarnya membuat resep bolu nutrijel sangat mudah, karena bahan-bahan yang digunakan merupakan kreasi dari resep bolu sederhana. Hanya saja untuk menambah rasa dan teksture lembut maka di tambahkan bubuk nutrijel. 

Untuk penggunaan bubuk nutrijell bisa disesuaikan dengan selera, karena memang tidak ada batasan dalam pemakaian rasa. Jadi jangan heran lagi kalau kini banyak kreasi resep bolu nutrijel yang sliweran di internet. Mulai dari bolu nutrijel jeruk, bolu nutrijel mangga, bolu nutrijel kelapa muda, bolu nutrijel plain, bolu nutrijel pandan coklat, bolu nutrijel anggur, bolu nutrijel strawberry, bolu nutrijel coklat, bolu nutrijel melon dan bolu nutrijel leci.

Semakin bertambahnya penggemar bolu nutrijel, kini muncul lagi kreasi rasa bolu nutrijel dan cake nutrijell lainnya yang semakin memanjakan lidah. Mulai dari nutrijell ogura cake, bolu nutrijel nutrisari, bolu nutrijel no SP, bolu nutrijel tanpa mixer, bolu nutrijell oreo, nutrijell comouflage, bolu nutrijel keju, bolu nutrijel chocochip dan masih banyak yang lainnya. Wow, tak disangka ya bun, bubuk jelly atau bubuk agar-agar dapat dipadukan dengan bahan cake. 

Dari kreasi resep bolu nutrijel di atas pasti di antara bunda ada yang bertanya. Apa enak ya bolu di buat dari campuran nutrijell? Jawabannya enak! Dan yang wajib bunda ketahui bahwa penggunaan nutrijel ini yang membuat bolu semakin empuk dan lembut. Selembut Resep Bolu Kukus Pandan Irit Telur Enak Kempus

Cara membuat resep bolu nutrijel panggang ini tentu saja sangat mudah dan praktis. Apa lagi bahan-bahan yang dibutuhkan mudah ditemui dimana-mana dengan harga yang cukup terjangkau dan ekonomis. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba kreasi bolu nutrijel ini. Oh iya hampir lupa, pengolahan bolu nutrijel ada 2 cara ya bun, yaitu bolu nutrijel panggang dan bolu nutrijel kukus.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan resep bolu nutrijel coklat panggang yang mudah untuk dipratekkan dari dapur tercinta. Dalam judul bolu nutrijel coklat ini bukan berarti saya menggunakan bubuk nutrijell coklat, tapi saya menggunakan nutrijell plain. Hanya saja untuk rasa coklatnya berasal dari pasta mocca dan coklat bubuk. Sudah bisa dibayangkan kan rasanya bolu nutrijel coklat panggang yang satu ini? Pasti ada rasa coklat dengan wangi kopi mocca yang khas.

Dan kabar gembiranya lagi, dalam resep bolu nutrijel panggang coklat mocca ini saya menggunakan all in one method yang tinggal cemplung-cemplung, aduk semua bahan jadi satu. Praktis deh pokoknya! Jadi sangat mudah dibuat oleh siapa pun, termasuk pemula yang baru belajar cooking sekalipun. 

Ya sudah, yuk ah langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Bolu Nutrijel Metode all in one super praktis seperti berikut ini. 

Resep dan Cara Membuat Bolu Nutrijel Coklat 

Resep dan Cara Membuat Bolu Nutrijel Coklat

Bahan-bahan Bolu :

  • Tepung protein sedang 90 gram
  • Tepung maizena 1 sendok makan
  • Nutrijel plain 1 sachet kecil
  • Baking powder 1/4 sendok teh
  • Telur 3 butir
  • Gula pasir 80 gram
  • SP 1/2 sendok teh
  • Vanila bubuk 1/4 sendok teh
  • Minyak atau margarin 65 gram (lelehkan)

Bahan Perasa / Tambahan :

  • Pasta mocca 1/4 sendok teh
  • Coklat bubuk 1 sendok teh (saya pakai black cocoa powder)
  • Essens vanila 1/4 sendok teh 

Langkah Membuat Bolu Nutrijel :

  1. Pertama-tama panaskan oven dengan suhu 180 celcius. 
  2. Selanjutnya siapkan baskom bersih, ayak bahan kering seperti terigu, nutrijell, BP dan maizena. Kemudian masukkan semua bahan lain kecuali minyak atau margarin leleh dan bahan tambahan.
  3. Mixer dengan speed sedang selama 5 menit atau hingga bahan tercampur dengan rata, lalu lanjutkan dengan speed tinggi sampai adonan menjadi kental, bewarna putih dan berjejak. (jambul petruk).
  4. Setelah itu masukkan minyak atau margarin leleh kedalam adonan. Aduk balik dengan hati-hati sampai semua tercampur semua. (saya menggunakan metode pancing. Yaitu dengan memasukan sekitar 3 sendok makan adonan kedalam minyak atau margarin leleh. Lalu aduk rata sampai tercampur rata. Kemudian baru dituang ke adonan semula dan aduk balik sampai rata).
  5. Bagi adonan menjadi 3 bagian, beri masing-masing adonan dengan bahan tambahan. 1 adonan diberi coklat bubuk, 1 adonan diberi pasta mocca, 1 adonan lagi di beri essens vanilla.
  6. Kemudian tuang ketiga adonan tadi ke dalam loyang secara acak atau selang seling.
  7. Panggang dengan suhu 180 celcius, kurang lebih selama 30-35 menit atau sampai matang. (sesuaikan dengan oven masing-masing ya, karena setiap oven beda-beda panasnya). Angkat, dinginkan.
  8. Setelah didinginkan, bolu nutrijel coklat panggang siap untuk dipotong dan dihiDangkan. Ehmm nyumiii!

Selain enak untuk camilan saat menikmati teh, kopi dan minuman hangat, bolu nutrijel ini juga cocok untuk dijadikan sajian arisan, kudapan pengajian, ulang tahun dan isian snack box. 

Wowkeh, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan rahasia Resep Bolu Nutrijel Coklat All In One Method


Sampai bertemu di artikel resep selanjutnya, jika artikel resep bolu nutrijel metode all in one ini di rasa bermanfaat jangan lupa di share ya. Terimakasih bunda :)

Advertisement