Resep Pie Susu Teflon a.k.a Egg Tart Keju Tanpa Oven dan Mixer

Resep Pie Susu Teflon a.k.a Egg Tart Keju - Suka makan pie susu? Saya juga suka :D. Kalau makan kue ini tuh sekali dua kali gigitan pasti sudah habis ya, bener nggak? Yup, soalnya pie susu kan terkenal memiliki bentuk yang kecil-kecil. Nah, sekarang lagi tren bikin resep pie susu teflon yang memiliki ukuran sebesar piring makan 24cm.

Awal mula adanya resep pie susu teflon ini merupakan kreasi dari seorang ibu yang postingannya viral di share kemana-mana. Kenapa jadi viral? Soalnya cara buat kue pie susunya cuma pakai teflon saja. Mulai dari memanggangnya hingga matang dan bahkan ada juga yang mencampur adonan langsung di wajan anti lengket alias teflonnya. Jadi yang jelas cara buatnya cukup aduk-aduk saja semua bahan sampai rata, tanpa harus menggunakan mixer dan oven.

Jadi resep pie susu teflon ini cocok sekali di pratekkan bagi pemula yang belum punya oven dan mixer. Tinggal aduk-aduk jadi deh pie susu teflonnya :)

Pada umumnya kita mengenal dua jenis pie susu atau yang disebut egg tart di pasaran. Jadi untuk jenis pie susu yang memiliki kulit terbuat dari crust pastry seperti yang saya posting ini, dikenal sebagai egg tart style Hong Kong. Dan jenis pie susu yang terbuat dari puff pastry, dikenal dengan sebutan egg tarts style protugis. 

Baca Juga : Resep Nastar Keju Prochiz Isi Coklat Colatta Enak Ngeprul

Hal lainnya yang membedakan kedua pie susu ini adalah permukaan pie susu Hongkong biasanya bersih dan mulus. Berbeda dengan yang a la Portugis, permukaan custard lebih berwarna kecoklatan karena proses karamelisasi adonan custard.

Sebenarnya banyak sekali jenis resep kue pie susu yang ada di Indonesia. Misalnya saja untuk pie susu khas Papua. Di sana kue pai atau pastei ini memiliki julukan kue lontar. Jadi kalau ada yang tanya bedanya kue pie susu Papua dengan kue lontar, jawabannya adalah sama. Hanya saja beda daerah beda juga penyebutan nama kue nya.

Di Indonesia aneka kreasi kue pie ini terkenal berasal dari Bali ya Bun. Jadi tak aneh rasanya kalau pie susu Bali memiliki banyak kreasinya. Mulai dari Resep Membuat Egg Tart Fruity Pie Susu Bali atau pie buah, pie coklat, pie susu keju, pie brownies, pie fla, pie pandan, kue pie strawberry, kue pie blueberry, kue pie susu topping meises, kacang, kismis, kurma dan lain sebagainya. 

So, bagi yang mau ingin mencoba icip-icip cruncy nya crust pie susu teflon dengan ukuran jumbo. Yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Pie Susu Teflon seperti berikut ini.

Step By Step Membuat Resep Pie Susu Teflon

Step By Step Membuat Resep Pie Susu Teflon


Bahan-bahan Pie atau Crust :

  • Tepung terigu protein rendah 150 gram
  • Blue band cake and cookie 100 gram (boleh di ganti mentega 50 gram + butter 50 gram)

Bahan Adonan Susu :

  • Air es 5 sendok makan
  • Kuning telur 3 butir, kocok lepas
  • Susu kental manis 125 mili liter
  • Air 75 mili liter
  • Tepung maizena 1 sendok makan, dilarutkan dengan sedikit air

Topping / Bahan Taburan :

  • Keju parut 100 gram

Cara Membuat Pie Susu Keju Teflon :

  1. Adonan Pie : Langkah awal aduk tepung terigu dan blue band cake and cookie dengan garpu atau pisau pastry sampai adonan berpasir. Setelah itu tambahkan air es, aduk rata.
  2. Bungkus adonan dengan plastic wrap lalu simpan di dalam kulkas kurang lebih selama 30 menit. (ini merupakan rahasia dan tips membuat adoanan pie yang renyah dan berteksture lembut yang mirip adonan Pastel.
  3. Sambil nunggu adonan pie siap digunakan, mari kita buat Isian Adonan Susu. Caranya campur rata kuning telur, susu kental manis, air dan larutan maizena. Aduk rata. Sisihkan.
  4. Setelah 30 menit, adonan pie siap di giling sampai ketebalan sekitar 1/2 centi meter. Kemudian ratakan di dalam wajan anti lengket / teflon diameter 20 centi meter.
  5. Tuang isian adonan susu yang dibuat tadi ke atas adonan pie yang ada di teflon.
  6. Tutup wajan / teflon dan masak di atas api kecil sampai kulit pie mengering dan isian memadat.
  7. Buka tutup teflon, lalu taburi pai atau kue pie susu dengan keju parut lalu tutup kembali. Masak sekitar 2 menit. 
  8. Angkat, potong-potong lalu sajikan. Nyuumii!

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Resep Pie Susu Teflon a.k.a Egg Tart Keju Tanpa Oven dan Mixer anti gagal. Resep pie susu ini merupakan inovasi dari Resep Kue Lontar Masakan Tradisional Indonesia Timur.

Selain teflon, sebenarnya adonan kue pie bisa juga di masak dengan Majic com dan happy call. 

Happy recook, semoga suka dan sesuai selera ya :)

Advertisement