Resep Bread Pudding (Roti Tawar) Panggang

Resep Bread Pudding (Roti Tawar) Panggang - Bread pudding yang disebut puding roti tawar ini merupakan salah satu dessert yang banyak di sukai banyak orang. Teksturnya yang lembut dengan rasa manis yang pas merupakan ciri khas yang tak bisa lepas dari bread pudding. Bread puding lazimnya disajikan panas-panas dan biasa di sajikan dalam mangkuk atau cup kecil.

Tapi menurut saya, bread pudding tetap enak dan nikmat apabila di santap dalam kondisi dingin setelah disimpan di kulkas. Hemmm nyuumii!

Meskipun namanya puding, tapi jangan salah karena puding yang satu ini ternyata proses pembuatannya dipanggang dan ada juga yang dikukus. Jadi bukan didinginkan atau dibekukan di lemari es seperti puding pada umumnya.

Baca Juga : Resep Pie Susu Teflon a.k.a Egg Tart Keju Tanpa Oven dan Mixer

Kalau ditelusuri camilan yang satu ini ternyata bukan camilan asli Indoensia. Melainkan di adaptasi dari resep bread pudding a la luar Negeri. Jadi jangan aneh lagi kalau banyak Negara luar yang menjadikan bread pudding salah satu camilan favorit mereka. Sebut saja seperti Negara Jamaika, Inggris Raya, Argentina, Selandia Baru, Australia, Kanada, Irlandia, India, Uni Emirat Arab, Brazil, Amerika, Inggris, Mexico, Malaysia, Singapura dan masih banyak lagi.


Resep Bread Pudding (Roti Tawar) Panggang


Cara membuat resep bread pudding panggang tentu saja sangat mudah dan super praktis. Semua orang bisa membuatnya, apa lagi proses pembuatannya terbilang cukup singkat. Jadi cocok di pratekkan bagi pemula yang ingin membuat camilan enak tapi tidak mau ribet.

Cicipi Juga : Resep Nastar Keju Prochiz Isi Coklat Colatta Enak Ngeprul

Bahan utama membuat bread butter pudding atau puding roti ini terbuat dari roti tawar, telur, susu, butter, cream dan keju. Penggunaan roti tawar biisa di potong-potong kecil atau bisa juga 1 lembar roti tawar yang di potong menjadi 4 bagian. Dan perlu di ketahui roti tawar inilah yang nantinya memberikan tekstur lembut pada setiap suapan bread pudding.

Sedangkan untuk toppingnya Bunda bisa menggunakan aneka buah kering dan biji-bijian. Seperti kismis, cherry, sukade, almond slice dan bubuk kayu manis. Wangi bubuk kayu manis memberikan sensasi yang lezat, saya suka sekali. Dan bisa juga di tambahkan keju parut, cinnamon, chocochips, coklat meises atau DCC (dark cooking chocolate) serut.

Yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Bread Pudding seperti berikut ini.

Step by Step Membuat Resep Bread Pudding Panggang

Step by Step Membuat Resep Bread Pudding Panggang

Bahan-bahan Bread Pudding :

  • Roti tawar 5 lembar, potong-potong kecil atau potong jadi 4 bagian
  • Susu Cair UHT 350 mili liter
  • Telur ayam 3 butir
  • Gula pasir 100 gram
  • Vanila bubuk 1 sendok teh
  • Butter 50 gram, lelehkan
  • Kismis (Raisin) 50 gram
  • Keju cheddar (cheese) parut secukupnya
  • Kenari slice secukupnya

Cara Membuat Bread Butter Pudding :

  1. Langkah awal panaskan oven 170 derajat celcius.
  2. Siapkan pinggan tahan panas, oles tipis dengan margarin. Sisihkan.
  3. Selanjutnya campur susu cair, telur, gula pasir, vanila dan lelehan butter. Aduk menggunakan whisker sampai semua tercampur dengan rata. Kemudian tata potongan roti tawar di pinggan, lalu sebar atau taburi kismis di atasnya.
  4. Selanjutnya siram dengan campuran susu, biarkan beberapa saat agar meresap. Kalau susu sudah meresap beri parutan keju dan taburi kenari slice. Kalau suka bisa di juga di beri parutan DCC atau meises coklat.
  5. Panggang kurang lebih selama 35 menit sampai matang. Waktu pemasakan tergantung besar kecilnya pinggan serta kondisi oven yang digunakan. 
  6. Angkat, bread pudding siap disajikan.

Tips Membuat Bread Pudding :

  1. Butter sebaiknya jangan diganti dengan margarin agar pudding roti lebih harum dan lebih lembab.
  2. Selain roti tawar, Bunda juga bisa menggunakan roti gandum, roti sobek dan croissant.
  3. Kalau ingin berkreasi, Bunda juga bisa menambahkan potongan buah pisang (banana), apel, nanas (pineapple), blueberry dan stroberi (strawberry) ke dalam puding roti ini.

Selesai, mudah bukan? Tak membutuhkan waktu yang lama Bunda pun dapat menyajikan bread pudding buatan sendiri di rumah. Rasanya enak loh, tak kalah dengan olahan bread pudding a la Pizza Hut dan Breadtalk. Hehehhe :)

Jangan Lewatkan : Resep Es Susu Pensil Untuk di Jual a la Dapoer Semut 

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Bread Pudding (Roti Tawar) Panggang. Semoga bermanfaat :)

Advertisement