Cara Membuat Resep Sate Taichan Senayan

Resep Sate Taichan Senayan - Sate taichan dari beberapa bulan lalu memang sedang jadi salah satu trend jajanan yang ngehitz di Jakarta. Khususnya di daerah Senayan.

Setahu saya, pertama kali adanya sate taichan memang hanya ada di restauran Senayan. Jadi tak aneh lagi kalau sate ayam yang berwarna putih pucat mengkilat ini memiliki julukan sate Senayan.

Awalnya saya kira sate taichan senayan sama seperti yakitori alias sate ayam Jepang, sate klatak dan sate lilit Bali. Eh ternyata beda ya. Perbedaan terletak di bumbu dan cara penyajian.

Cicipi Juga : Resep Sate Daging Kambing Goreng Favorit Presiden Ala Pak Budi

Menurut saya, resep sate taichan senayan ini merupakan jenis sate ayam yang gampang dan praktis sekali dibuat. Kenapa begitu, soalnya sate taichan tidak menggunakan bumbu kacang a la sate padang, sate ayam dan kambing Madura yang berjibun bahan bumbunya. Biasanya kalau sate kan ciri khasnya di bakar dengan olesan kecap manis dan bumbu kacang ya.

Berbeda dengan resep sate taichan senayan ini, karena sate taichan tidak menggunakan bumbu kacang dan kecap sama sekali. Tapi untuk marinasi daging ayam, cukup menggunakan sedikit minyak sayur, kucuran air jeruk nipis dan penyedap rasa atau bubuk kaldu ayam dan sapi. Aduk dan diamkan beberapa saat sampai bumbu meresap, baru deh di bakar sampai matang di atas bara api, teflon maupun happy call.

Baca Juga : Resep Membuat Sate Klatak Khas Jogja Enak

Kalau mau yang lebih medok bumbunya, bisa ditambahkan 1 siung bawang putih yang di haluskan dan lada bubuk sesuai selera. Kalau saya sih penginnya untuk sate rasanya yang ringan, tapi untuk rasa kuatnya lebih asik di bumbu sambal taichan yang super pedas. Untuk sambal taichan bisa disesuaikan dengan selera, kalau saya sih sukanya yang super judes pedasnya. Bisa di bilang level setan hihihi.

Yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Sate Taichan seperti berikut ini. Cekidot!

Step by Step Membuat Resep Sate Taichan a la Cafe Senayan

Step by Step Membuat Resep Sate Taichan a la Cafe Senayan
instagram.com/the.lucky.belly

Jl Kelapa Hibrida Raya Blok RA3, No.24 Kelapa Gading Jakarta Utara
Harga Rp 20.000,-

Bahan Bumbu Sate :

  • Dada ayam 1 buah (250 gram), potong dadu
  • Air jeruk nipis 2 sendok makan
  • Penyedap rasa (royco rasa ayam atau sapi) 1 sendok makan
  • Secukupnya minyak sayur

Bumbu Sambal Sate Taichan :

  • Cabai rawit 7 buah
  • Cabe merah 15 buah
  • Tomat 1/4 buah (bisa pakai tomat kecil 1 buah)
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Air 50 mili liter
  • Gula pasir 1/2 sendok teh (bisa diganti gula merah / gula Jawa)
  • Lada putih bubuk / merica 1/2 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Minyak secukupnya, digunakan untuk menumis

Cara Membuat Sate Taichan ala Abang Senayan :

  1. Langkah awal, potong dadu daging ayam, kemudian lumuri dengan air perasaan jeruk nipis, sedikit minyak sayur dan penyedap rasa (bubuk kaldu ayam). Lalu diamkan sampai bumbu meresap, kurang lebih selama 15 menit.
  2. Selanjutnya tusuk-tusuk daging ayam yang sudah di potong-potong tadi dengan tusukan sate (sujen bambu), lalu bakar sampai daging berubah warna dan matang. Angkat, sisihkan.

Proses Membuat Sambal Sate Taichan Pedas :

  1. Uleg halus atau blender semua bahan sambal. Kemudian tumis dengan minyak goreng.
  2. Tumis sampai cabai benar-benar matang dan tidak bau langu. Jika sambalnya terlalu kental maka boleh ditambahkan sedikit air lagi sampai mendapatkan sambal dengan kekentalan yang diinginkan.
  3. Koreksi rasa, kalau ada yang kurang silahkan tambahkan bumbu sesuai selera. Angkat, matikan api kompornya.

Saran Penyajian Sate Taichan :

  1. Pertama-tama tata rapih sate di atas piring saji lengkap dengan lalaban seperti daun selada, potongan mentimun, irisan tomat, kol dan kemangi lalu sajikan bersama sambal dalam keadaan terpisah dengan sate.
  2. Atau bisa juga dengan mencampurkan sate ke sambal, kemudian sajikan bersama lalaban lengkap bersama potongan lontong / ketupat maupun nasi putih hangat.
  3. Boleh ditambahkan bawang merah goreng jika suka. Mantap!

Tips Membuat Sate Taichan :

  1. Kepedasaan sambal bisa di sesuaikan dengan selera ya, jadi penggunaan jumlah cabe bisa di atur sesuai keinginan.
  2. Jika tidak ada alat bakar, bisa menggunakan wajan datar anti lengket (teflon) dan happy call.

Daging ayam berbeda denga daging sapi, kambing maupun seafood seperti kepiting dan cumi yang boleh dikonsumsi setengah matang. Kalau daging ayam harus benar-benar matang, tidak boleh di konsumsi setengah matang atau hampir matang.

Karena daging ayam setengah matang mengandung banyak bakteri yang bisa membuat sakit perut bahkan diare serius. Jadi di sarankan, Bunda wajib bakar atau panggang daging sate taichan sampai benar-benar matang.

Jangan Lewatkan : Resep Membuat Sate Tahu Ayam Bakar Istimewa 

Jika suka, kini juga ada kreasi sate taichan goreng yang tak kalah lezatnya dengan sate taichan bakar original pada umumnya.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Cara Membuat Resep Sate Taichan Senayan. Semoga bermanfaat :)

Advertisement