Resep Sate Telur Gulung Sosis Anti Gagal (Jajanan SD yang ngangenin)

Resep Sate Telur Gulung Isi Sosis - Mau buat camilan tapi bingung mau buat camilan apa, yang ada di rumah cuma ada telur lalu saya teringat dengan jajanan favorit saya waktu SD dulu yaitu sate telur gulung.

Rasa sate telur gulung yang enak dan gurih ini memang ngangenin. Biasanya pedagang menjual sate telur gulung di depan sekolah, di pusat keramaian seperti kesenian wayang, alun-alun dan ada juga pedagang yang jualan keling kampung.

Simak Juga : Cara Membuat Martabak Shanghai Isi Ayam Kentang Wortel 

Tak hanya rasanya yang enak, harga satu buah sate telur gulung isi sosis ini juga cukup murah meriah dan ekonomis. Karena hanya dengan uang seribu sampai dua ribu rupiah saja, kalian sudah dapat menikmati sate telor gulung yang lezat.

Nah karena banyak yang menyukai jajanan dari telur ini, saat ini banyak variasi resep sate telur gulung yang di isi dengan sosis, telur puyuh, bakso, mie dan bihun. Sate telur gulung berbagai isian ini paling enak dinikmati dengan boncabe,saus sambal dan mayonaies.

Baca Juga : Resep Membuat Telur Dadar Padang Enak 

Perpaduan dari rasa telur yang gurih dan saus yang pedas membuat sate telur gulung banyak digemari semua orang. Namun sayang saat ini kita jarang temui sate telur gulung.

Nah dari pada kita susah-susah cari sate telur gulung, mending kita buat sendiri di rumah yuk! Berikut bahan bahan dan cara membuatnya.

Step by Step Memasak Resep Sate Telur Gulung Sosis Anti Gagal 

Step by Step Memasak Resep Sate Telur Gulung Sosis Anti Gagal
Resep Sate Telur Gulung Sosis - Credit : Ervita Cookpad


Bahan Bumbu Telur Gulung :

  • Telur 4 butir
  • Air 90 mili liter
  • Kaldu ayam 1 blok
  • Garam 1 sendok teh
  • Bawang putih 2 siung, haluskan
  • Lada bubuk 1/2 sendok teh
  • Sosis 3 buah (potong jadi dua, masing-masing potongan di belah empat. Jadi 1 sosis bisa jadi 8 potong, total 24 potong)
  • Tusuk sate 24 pcs

Bahan dan Alat Untuk Menggoreng Telur Gulung :

  • Minyak goreng secukupnya
  • Rantang tebal atau panci seukuran rantang untuk menggoreng (saya sengaja pakai rantang, biar minyaknya lebih irit)

Proses Pembuatan Sate Telur Gulung Isi Sosis :

  1. Pertama-tama ambil satu potongan sosis, tusuk ke tusukan sate pelan-pelan. Pastikan sebagian ujung tusuk satenya lebih pipih sehingga potongan sosis bisa masuk semua dengan sempurna. Lakukan sampai habis, sisihkan.
  2. Masukkan bahan telur dan bumbu ke dalam sebuah wadah. Kocok telur sampai rata, pastikan adonan tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. 
  3. Tempatkan panci rantang di atas kompor, tuangi minyak sampai 3/4-nya. Pastikan ketika tusuk satenya dicelupkan ke dalam minya, sosisnya terendam semua. 
  4. Selanjutnya panaskan minyak dengan menggunakan api sedang sampai benar-benar panas. Lalu celupkan 1/2 batang tusuk sate dengan tetap dipegang, diamkan sebentar sampai sosis matang.
  5. Lalu dengan posisi tusuk sate masih terendam di minyak, tuang kocokan telur secukupnya sambil di aduk-aduk dengan arah melingkar pakai tusuk sate. Gulung secepatnya ke pinggir rantang untuk membantu telur tergulung dengan rapi. Setelah berwarna kuning keemasan, angkat.
  6. Lakukan proses menggoreng sampai selesai. Tata sate telur isi sosis di atas tisu makan untuk mengurangi minyak yang menempel di telur gulung. 
  7. Jika suka bisa potong gagang sate lebih pendek lagi. Jadi lebih rapi dan tidak terlalu kepanjangan saat di sajikan. 
  8. Sajikan hangat-hangat dengan saos sambal atau mayonaise sesuai selera. 
Resep Telur Gulung Buat JualResep Sate Telur Gulung Crispy EKonomis Isi Sosis, 1 Resep jadi 24pcs

Tips dan Trik Membuat Sate Telur Gulung Sosis Krispi :

  1. Setiap kali akan menuangkan adonan telur ke minyak, sebaiknya selalu dikocok telebih dahulu, karena kalau tidak sering-sering dikocok adonan putih telur akan mengendap dibawah. Nanti hasilnya jadi kurang bagus, kurang bersarang dan juga menjadi menggumpal dan tidak crispy.
  2. Resep sate telur gulung sosis yang ngehitz di Korea ini merupakan versi mini, karena 1 sosis dipotong jadi 8 buah, hasilnya pun jadi banyak. 
  3. Kalau mau bikin ukuran sate telur lilit yang lebih besar lagi maka sosisnya cukup dipotong jadi 2 pcs, Dan kalau ukuran besar maka 1 resep bisa jadi 10-12 buah. 
  4. Untuk penggunaan telur tidak harus melulu telur ayam atau bebek ya, ini saya nyoba pakai telur puyuh juga okeh hasilnya. 1 telur ayam bisa diganti dengan 4-5 telur puyuh. 
  5. Kalau bosan dengan sosis, isian bisa diganti dengan telur puyuh atau bakso pentol agar hasilnya gandut montok. 
  6. Jadi untuk isian suka-suka saja sesuai selera, bisa telur puyuh rebus, potongan sosis, potongan tahu goreng, atau tempe goreng juga boleh. Atau di bikin sederhana tanpa isian juga boleh. Silahkan berkreasi sesuai selera saja. 
Jangan Lewatkan : Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah 

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Sate Telur Gulung Sosis Anti Gagal (Jajanan SD yang ngangenin). Semoga bermanfaat :)

Advertisement