Resep Membuat Abon Sapi Renyah Enak Dan Gurih

Resep Membuat Abon Sapi Renyah Enak Dan Gurih - Abon adalah merupakan suatu bahan makanan yang terbuat dari serat-serat daging hewan seperti yang biasa digunakan adalah daging sapi dan daging ayam . bila di lihat secara kasap mata abon sendiri tampak berwarna kecoklatan agak terang . perlu anda ketahui hal ini terjadi karena di sebabkan salah satu bumbu untuk membuat abon sendiri adalah kecap . sedangkan bentuk abon yang tampak seperti menyerupai kapas itu karena bahan utama dari pembuatan abon adalah serat otot yang mengering . 

Dalam pembuatan abon sendiri tergolong susah susah gampang . karena ada beberapa cara dan rahasianya agar abon lebih tahan lama atau awet . misalnya jika ingin membuat abon agar masa penyimpanannya bisa hingga berbulan-bulan yaitu dengan membungkusnya ke dalam kemasan yang kedap udara . dan yang harus bener-bener diperhatikan adalah abon harus dikeringkan terlebih dahulu mendekati sempurna hingga kandungan airnya sangat sedikit , agar terasa lebih renyah dan kriuk-kriuk enak .

Renyah , enak dan gurih mungkin itu adalah sebutan yang tepat untuk sebuah abon . abon sendiri biasanya di gunakan atau dinikmati sebagai bahan makanan tambahan atau pendamping makanan utama seperti sebagai taburan yang enak untuk nasi putih , nasi uduk , nasi kuning , mie , bubur dan lain sebagainya . karena renyak enak dan gurihnya rasa yang di berikan oleh abon sehingga abon sendiri sangat di sukai oleh masyarakat luas . dari yang muda hingga yang tua saya yakin semua sangat menyukai citarasa yang disajikan oleh abon . 

Dalam mencari abon sendiri dapat di bilang mudah dan tidak sulit untuk mendapatkannya . karena sekarang sudah banyak beredar sajian abon dari abon sapi atau abon ayam yang di sajikan dalam kemasan dengan berbagai merek yang terkenal . dari yang ukuran 1/4 kilo gram , 1/2 kilo gram hingga yang disajikan dalam kiloan . harga yang disajikan dalam sebuah abon sendiri pun berbagai macam dari yang murah hingga yang mahal semua tergantung merek dan kualitas abon yang di tawarkan . 

Walaupun begitu banyak yang menyukai abon , tapi saya yakin banyak orang juga yang tidak tahu cara membuat abon sapi yang enak ini . mungkin juga termasuk anda :D nah untuk anda yang tidak tahu cara membuat abon sapi yang enak , gurih dan renyah mungkin anda dapat berbahagia karena kali ini saya akan membahas habis tentang abon sapi . dari bahan-bahan yang dibutuhkan beserta cara membuatnya dengan cukup mudah . untuk lebih jelasnya dari bahan-bahan dan cara membuatnya silahkan lihat resepnya dibawah ini . 

Resep Membuat Abon Sapi Renyah Enak Dan Gurih

Resep Membuat Abon Sapi Renyah Enak Dan Gurih

Bahan-bahan Abon Sapi Renyah Enak Dan Gurih :

  • 1 kilo gram daging sapi segar
  • 300 mili liter santan kental
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ibu jari lengkuas (di geprek lalu dimemarkan )

Bumbu Halus Abon Sapi Renyah Enak Dan Gurih :

  • 4 siung bawang putih
  • 2 sendok makan ketumbar
  • 2 sendok makan atau secukupnya gula merah
  • Secukupnya garam 

Cara Membuat Abon Sapi Renyah Enak Dan Gurih :

  1. Pertama-tama yang anda harus lakukan adalah rebus daging sapi dahulu dengan lengkuas dan daun salam . rasakan daging sapi hingga empuk kemudian di iris tipis - tipis . setelah diiris-iris tipis daging di pukul-pukul dengan alat pemukul daging hingga memar .  setelah daging sapi di pukul-pukul kemudian daging di suwir halus .
  2. Kemudian panaskan santan , lalu masukkan daging daging sapi yang sudah disuwir tadi beserta semua bumbu halus yang sudah dihaluskan .
  3. Terakhir proses memasak nya dilakukan dengan menggunakan api kecil hingga santan habis dan daging sudah betul-betul kering , selesai .

Tips Membuata Abon Sapi Renyah Enak Dan Gurih :

  • Tips pertama dalam memasak abon adalah sewaktu memasak , daging sebaiknya di bolak-balik supaya tidak gosong .
  • Lalu tips kedua dalam memasak adalah agar abon dapat awet atau tahan lama , pastikan abon tersebut benar-benar dalam kondisi yang kering .

Nah itu dia dari bahan-bahan dan cara membuat abon sapinya , cukup mudah bukan ? silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Abon Sapi Renyah Enak Dan Gurih ini . buka juga informasi resep masakan lainnya yang wajib anda coba dirumah seperti Resep Belut Goreng Special Cabe Ijo . terimakasih sudah membuka resep membuat abon sapi ini , semoga resep ini bermanfaat untuk anda yang ingin membuat abon sapi sendiri diruma . sekian :)

Advertisement