Resep Rendang Daging Sapi Asli Padang Enak

Resep Rendang Daging Sapi Asli Padang Enak - Rendang adalah merupakan makanan yang mengandung bumbu rempah-rempah yang segar dan melimpah . selain berbahan dasar daging , rendang juga memakai sari santan kerambil ( karambia ) , serta campuran dari variasi bumbu khas yang dihaluskan . seperti diantaranya adalah lombok ( cabai atau lado ) , serai , lengkuas , kunir , jerangau , umbi lapis putih , bawang merah dan beragam bumbu lainnya yang umumnya di kenal sebagai bumbu pemasak . keunggulan rendang sendiri adalah pemakaian bumbu-bumbu yang natural dan segar yang dapat membinasakan kuman basil oleh karena itu rendang dapat bertahan lebih lama dari pada masakan lainnya . 

Apalagi kandungan dari umbi lapis putih , umbi lapis merah , jerangau dan lengkuas yang terkenal mempunyai keaktifan antimikroba yang tinggi . sehingga tidak di ragukan lagi jika rendang dapat disimpan atau bertahan hingga empat pekan atau satu bulan . woww , jadi tanpa bahan pengawetpun rendang adalah salah satu makanan yang enak dan dapat bertahan lama yah . rendang sendiri sangat enak jika di sajikan dengan nasi putih hangat dan bawang goreng . 

Jika anda sering menikmati rendang tapi tidak tahu asal usulnya , kali ini saya akan membahas sedikit asal usul dari rendang agar anda dapat menambah pengetahuan tentang makanan yang suka anda nikmati . pertama rendang adalah salah satu masakan nusantara yang berasal dari sumatera , khusus nya minangkabau . bagi warna minang rendang sudah ada semenjak dulu serta makanan ini sudah menjadi makanan tradisi yang disajikan di beraneka ragam kegiatan adat dan sebagai menu makanan untuk setiap hari nya . sebagai makanan tradisi minang , rendang sendiri diduga sudah ada semenjak masyarakat minang menyelenggarakan kegiatan adat pertamanya .

Mungkin karena kelezatan yang di hadirkan oleh rendang , rendang yang biasanya menggunakan daging sapi ini pun menjadi menjalar dan terkenal ke daerah yang dekat dengan minang . misalnya mulai dari mandailing , riau , jambi , mencapai wilayah seberang di negeri sembilan yang banyak di huni oleh perantau yang berasal dari minangkabau . oleh karena itu jadi tidak heran lagi jika rendang sangat terkenal luas oleh masyarakat di sumatera dan semenanjung malaya . dan karena banyak orang minang juga yang merantau ke seluruh indonesia sehingga rendang sendiri sekarang ini juga sudah tidak asing lagi kita jumpai di warung-warung makan padang atau warung makan lainnya . 

So buat anda yang ingin membuat rendang daging sapi yang enak tapi tidak tahu caranya , jangan kawatir ya . karena selain mambahas asal usul dari rendang , saya juga akan membahas tuntas habis tentang bahan-bahan yang digunakan untuk membuat rendang yang enak . beserta tidak ketinggalan juga dengan cara membuatnya yang cukup mudah . untuk lebih jelasnya dari bahan-bahan dan cara membuatnya dengan benar silahkan lihat bahan-bahan dan caranya membuatnya dibawah ini .

Resep Rendang Daging Sapi Asli Padang Enak

Resep Rendang Daging Sapi Asli Padang Enak

Bahan-bahan Daging Sapi Asli Padang Enak :

  • Daging sapi khas 1 kilo gram ( dipotong menurut selera )
  • Santan kental 1 liter
  • Santan encer 1 liter 
  • Serai 2 batang ( dimemarkan )
  • Daun jeruk purut 4 lembar
  • Daun kunyit 2 lembar ( diikat )

Bumbu Halus Daging Sapi Asli Padang Enak ( semua Bumbu dihaluskan ) :

  • Cabai merah keriting 1 ons
  • Bawang merah 20 butir
  • Bawang putih 10 siung
  • Kemiri 5 buah
  • Jahe 2 centi meter
  • Laos 3 centi meter
  • Secukupnya garam
  • Boleh di tambahkan secukupnya jerangau , umbi lapis putih jika ada .

Cara Membuat Daging Sapi Asli Padang Enak :

  1. Pertama-tama rebus santan encer bersama bumbu-bumbu yang telah dihaluskan bersama batang serai , daun jeruk dan daun kunyit . aduk secara perlahan-lahan dan terus menerus hingga mendidih .
  2. Selanjutnya masukkan daging sapi yang sudah anda potong-potong tadi , aduk sesekali . jika santan sudah mulai surut tambahakan santan kental sedikit demi sedikit .
  3. Kemudian masak dengan terus menerus sambil di aduk hingga santan mengering dan mengeluarkan minyak , oh ia jangan lupa menggunakan api kecil saat memasak nya agar tidak cepat gosong .
  4. Terakhir tunggu hingga matang , jika sudah matang anda dapat menyajikan kedalam piring saji yang sudah anda siapkan .

Dalam memasak rendang memang sanggup memakan tempo waktu yang lama hingga sampai berjam-jam . oleh karena itu dalam memasak rendang harus memerlukan extra kesabaran . daging harus di masak bersama bumbu dan santan pada suhu yang pas , jangan lupa di aduk-aduk pelan hingga santan serta bumbu terserap oleh daging . sesudah mendidih , apinya harus di kecilkan dan kemudian di aduk hingga santan mengental dan jadi kering . tapi walaupun begitu semua akan terbayar dengan hasil rendang sapinya yang enak dan mantap hiiihihi

Nah itu dia bahan-bahan dan cara membuat rendang sapi asli padangnya , bagaimana cukup mudah kan ? silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Rendang Daging Sapi Asli Padang Enak ini yah . buka juga informasi resep masakan lainnya Resep Membuat Nasi Bakar Special Enak seperti yang wajib anda coba dirumah . terimakasih sudah membuka resep ini , semoga resep rendang sapi ini bermanfaat untuk anda dirumah . sekian :)

Advertisement