Resep Membuat Kue Dadar Gulung Isi Kelapa Manis Gurih

Resep Membuat Kue Dadar Gulung Isi Kelapa Manis Gurih - Untuk anda penggemar jajanan tradisional indonesia tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan kue dadar gulung bukan ? memiliki rasa yang enak lembut diluar dan manis gurih didalam ini memang cukup menjadi camilan yang enak saat ngopi atau ngeteh dipagi hari . Kue dadar gulung sendiri merupakan salah satu makanan atau camilan khas indonesia yang sangat digemari masayarakat luas . dari anak kecil hingga orang dewasa tentunya mereka menyukai kue dadar gulung .

Kue dadar gulung merupakan salah satu jajanan pasar yang sekarang mulai tren dan cukup mempunyai banyak penggemar . sehingga selain sangat terkenal dijajakan dipasar-pasar tradisional , kue dadar gulung juga sekarang mulai menjelajahi toko-toko kue . dari toko kue yang di mall ataupun toko kue pribadi . kue dadar gulung memang mempunyai bentuk dan warna yang menarik .

Warna hijau cantik dari kulit kue dadar gulung dengan isian yang merah kecolatan dari kelapa parut dan gula jawa memang cukup menggugah selera untuk segera menyantapnya . jadi jangan heran lagi jika keluarga akan segera berlomba-lomba untuk menikmati kue dadar gulung yang anda sajikan . kue dadar gulung kue basah yang memiliki rasa enak dan manis ini biasanya dinikmati sebagai camilan saat berkumpul dengan keluarga . pokoknya akan menjadi teman yang enak dan asyik saat nonton tv .

Selain enak dan asyik menjadi teman saat nonton tv ternyata kue dadar gulung juga biasa disajikan sebagai salah satu camilan atau makanan yang disajikan saat acara-acara tertentu loh bun . seperti pada acara keluarga , acara arisan , ulang tahun , acara hajatan dan lain sebagainya . rasa lembut diluar dan manis gurih didalam dari kue dadar gulung memang sangat enak dan lezat . sehingga sangat cocok di sajikan saat acara-acara tertentu seperti yang kami sebutkan tadi .

Nah jika anda biasa menikmati kue dadar gulung dengan membelinya dipasar tradisonal atau ditoko-toko kue langganan bunda . kali ini tidak ada salahnya jika bunda mencoba resep kue dadar gulung yang Harian Resep kali ini bagikan . karena selain memiliki rasa yang enak , dalam pembuatan kue dadar gulung sendiri terbilang cukup mudah dan bahan-bahan yang digunakan juga cukup terjangkau . so , silahkan simak , catat atau praktek langsung dengan Resep Kue dadar gulung isi kelapa nya seperti dibawah ini .

Resep Membuat Kue Dadar Gulung Isi Kelapa Manis Gurih

Resep Membuat Kue Dadar Gulung Isi Kelapa Manis Gurih

Bahan-bahan Kue Dadar Gulung Isi Kelapa :

  • Tepung terigu 250 gram ( protein sedang atau cap segitiga biru )
  • Tepung kanji 1 sendok makan 
  • Santan kental 300 mili liter ( dari 1/2 butir kelapa )
  • Pasta pandan atau pewarna hijau 1/2 sendok teh
  • Perasan daun suji 60 mili liter
  • Telur ayam 3 butir ( dikocok lepas )
  • Garam halus 1/2 sendok teh

Bahan-bahan Isi Kue Dadar Gulung Isi Kelapa :

  • Kelapa setengah tua 300 gram ( kupas , lalu diparut memanjang )
  • Gula merah atau gula jawa 100 gram ( diiris halus )
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Air 50 mili liter
  • Daun pandan 1 lembar ( dipotong-potong )
  • Garam halus 1/2 sendok teh

Cara Membuat Kue Dadar Gulung Isi Kelapa :

  1. Isi : pertama-tama campur kelapa parut , gula pasir , garam , dan daun pandan . aduk-aduk hingga rata .
  2. Kemudian masak di atas panci sampai tekstur kelapa sedikit mengering , angkat lalu dinginkan .
  3. Kulit : pertama campur tepung terigu , tepung kanji , telur , pasta pandan dan garam , lalu aduk rata .
  4. Setelah itu tuang santan , air perasan daun suji dengan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai rata . kemudian saring .
  5. Lalu Panaskan wajan datar anti lengket yang telah diolesi dengan sedikit minyak goreng .
  6. Kemudian tuang setengah sendok sayur adonan , buat dadar tipis sampai matang . lakukan sampai adonan habis .
  7. Selanjutnya ambil satu lembar adonan kulit , beri satu sendok makan bahan isi yang sudah disiapkan tadi .
  8. Terakhir lipat bagian sisi kanan dan kiri kulitnya , kemudian gulung rapi . lakukan hingga kulit dan adonan habis . atur dalam piring saji , hidangkan .

Selesai , salah satu tips dalam membuat kue dadar gulung isi kelapa yang enak adalah pertama jangan membuat kulit kue dadar gulung terlalu tebal , karena kulit yang tebal menyebabkan kulit pecah saat mengalami proses penggulungan . nah yang kedua adalah wajan sebaiknya dalam kondisi panans ketika dituang adonan kulit agar kulit berpori-pori . nah itu dia salah satu tips dalam membuat kue dadar gulung isi kelapanya . bagaimana bahan-bahan beserta dalam pembuatan kue dadar gulung isi kelapanya , cukup mudah bukan ? 

Bunda dirumah dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dipasar tardisional atau ditoko-toko aneka bahan kue yang terjangkau dari tempat tinggal anda . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kue Dadar Gulung Isi Kelapa Manis Gurih ini dirumah . buka juga informasi-informasi resep kue atau camilan lainnya seperti Resep Membuat Nastar Apple Crumble Cake Ala Blue band Enak dan Resep Membuat Emping Melinjo Pedas Manis Enak Mudah yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian :)

Advertisement