Resep Membuat Sayur Daun Singkong Special Ebi

Resep Membuat Sayur Daun Singkong Special Ebi - Daun singkong adalah salah satu daun muda dari pohon singkong yang biasa menjadi lalaban yang enak . biasanya rumah makan yang menyajikan daun singkong sebagai lalaban atau sebagai teman sambal adalah warung padang , warung makan sunda dan warung makan jawa . rasa yang khas daun singkong memang sangat nikmat jika dipadukan dengan sambal terasi , sambal bawang atau sambal lainnya sebagai teman nasi . namun ternyata daun singkong sendiri saat ini bukan lagi hanya menjadi lalaban . 

Karena daun singkong sendiri dapat di olah menjadi beberapa masakan atau makanan yang cukup enak dan lezat . dari oseng daun singkong , lodeh daun singkong , gulai daun singkong atau sayur daun singkong seperti yang Harian Resep akan bagikan kali ini . perpaduan daun singkong , santan dan aneka bumbu yang alami memang membuat sayur daun singkong memiliki rasa yang enak dan lezat . apalagi ditambah dengan udang kecil kering atau yang sering disebut dengan ebi ini menambah citarasa sedap nikmat pada sayur daun singkong .

Mengandung banyak vitamin B dan C serta mineral seperti zat besi ( Fe ) , kalsium dan fosfor pada daun singkong membuat daun singkong sangat baik jika dikonsumsi . jadi anda jangan heran lagi jika sayur singkong sangat disukai oleh masyarakat luas . dari anak kecil hingga orang dewasa tentunya akan menyukai sayur daun singkong special ebi ini . sudah enak namun salah satu bahan masakan yang mudah didapat , sangat ekonomis dan memiliki kaya gizi .

Sangat cocok jika dihidangkan untuk si kecil sebagai makan siang atau makan malam . si kecil pasti menyukai enak dan segarannya kuah sayur daun singkong yang memiliki rasa sedap nikmat ini . oh iya , selain sangat enak sebagai teman nasi . ternyata sayur daun singkong ini juga sangat enak jika dihidangkan dengan kupat atau lontong .

Anda dapat memotong kecil-kecil kupat atau lontongnya , lalu siram dengan sayur daun singkong boleh ditambahkan bawang goreng dan kerupuk diatas nya agar lebih makyusssssss . dijamin deh , keluarga pasti akan berlomba-lomba untuk segera menghabiskan sayur daun singkong yang anda hidangkan . rasa yang enak dan lezat memang membuat nabsu makan bertambah . nah jika anda penasaran akan rasa sayur daun singkong ala Harian Resep nya , silahkan anda membuatnya dengan resep daun singkong special ebi nya seperti pada artikel resep nya dibawah ini .

Resep Membuat Sayur Daun Singkong Special Ebi

Resep Membuat Sayur Daun Singkong Special Ebi

Bahan-bahan Sayur Daun Singkong Special Ebi :

  • Daun singkong 2 ikat ( ambil daunnya saja )
  • Daun salam 2 lembar
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Lengkuas 2 ruas jari ( dimemarkan )
  • Santan 1 liter
  • Garam 1 sendok makan
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Minyak goreng ( untuk menumis )

Bumbu Halus Sayur Daun Singkong Special Ebi :

  • Udang ebi 1 1/2 ons ( dicuci bersih )
  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Kemiri sangrai 4 butir
  • Kunyit 1 centi meter
  • Cabai merah besar 2 buah ( dibuang bijinya agar tidak terlalu pedas < bagi anda yang tidak suka pedas )

Cara Membuat Sayur Daun Singkong Special Ebi :

  1. Pertama-tama rebus daun singkong hingga setengah matang saja dengan air mendidih , angkat , peras kemudian dipotong-potong , sisihkan .
  2. Selanjutnya tumis bumbu halus , daun salam , daun jeruk dan lengkuas hingga harum .
  3. Lalu masukkan daun singkong dan ebi kedalam tumisan bumbu . aduk-aduk hingga tercampur dengan rata .
  4. Setelah itu masukkan santan , masak hingga mendidih . jika sudah mendidih tambahkan garam dan gula pasir , aduk dan biarkan matang .
  5. Cicipi , jika ada yang kurang boleh ditambahkan sesuai selera .
  6. Angkat , lalu sajikan dalam mangkok saji .

Taburi bawang goreng diatas nya agar terasa lebih sedap dan makyus . jika anda ingin kuah nya lebih mantap dan sedap , anda dapat tambahkan tetelan ( daging kecil-kecil ) atau potongan ceker ayam bersama tumisan bumbu halusnya agar lebih special . jika anda penyuka pedas anda dapat menyajikan sayur daun singkong sepcial ebi ini dengan sambal terasi atau sambal bawang agar lebih terasa enak dan pedas . hmm nyumii , nyam-nyam sangat cocok dijadikan sebagai menu selingan atau sebagai menu vaforit keluarga .

Silahkan mecoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Sayur Daun Singkong Special Ebi ini dirumah . keluarga pasti akan suka , karena enak dan sangat lezat nikmat , apa lagi ditambah dengan bumbu kasih sayang dari anda tentunya akan lebih sedap makyus . buka juga informasi resep-resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Sayur Jantung Pisang Masakan Tradisional Indonesia yang wajib untuk anda coba juga dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . sekian :)

Advertisement