Resep Membuat Bubur Kacang Hijau Enak Asli Sehat

Resep Membuat Bubur Kacang Hijau Enak Asli Sehat - Apakah anda salah satu pencinta bubur ? bagi anda yang gemar sekali dengan bubur tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu bubur ini bukan ? bernama bubur kacang hijau , yang menggunakan bahan dasar kacang hijau tentunya sangat lah nikmat rasanya . selain enak dan nikmat , kandungan gizi yang terdapat dalam bubur kacang hijau juga sangat baik untuk anak kecil saat pertumbuhan .

Kacang hijau yang kaya akan gizi memang sangat baik jika dikonsumsi oleh balita atau anak kecil . sehingga selain dimasak menjadi bubur kacang hijau untuk anak kecil dan orang dewasa , bubur kacang hijau juga di olah sedemikian rupa sehingga dapat dikonsumsi oleh bayi yang berusia 6 bulan sampai 9 bulan . rasa yang yang diberikan oleh bubur kacang hijau memang sangat enak dan lezat . membuat banyak sekali yang menyukai bubur kacang hijau diberbagai kalangan .

Bubur kacang hijau sangat nikmat jika dinimati selagi hangat saat musim hujan atau cuaca yang dingin . rasa yang manis hangat dan enak tentunya akan sangat lezat sekali untuk penghangat tubuh yang menyehatkan . selain dinikmati selagi hangat , bubur kacang hijau juga dapat anda nikmati dengan es batu agar lebih segar . bubur kacang hijau yang dingin sangat enak dan nikmat sekali jika nikmati saat siang hari atau saat musim panas . 

Rasa yang enak dan menyegarkan tentunya menjadi idaman bagi setiap orang . apalagi campuran santan dan gula merah yang pas , membuat bubur kacang hijau memiliki rasa yang sedap . perpaduan ketan hitam dengan bubur kacang hijau juga sangat pas dan dapat memberikan sensasi saat menikmatinya . bubur kacang hijau sendiri biasanya sangat terkenal dan menjadi idola ketika bulan puasa tiba .

Namun selain itu bubur kacang hijau juga sering dijajakan oleh para pedagang bubur kacang hijau yang biasa mangkal ditenda atau yang sering keliling komplek . dengan tiga ribu rupiah hingga lima ribu rupiah saja , sebenarnya kita sudah dapat menikmati lezatnya bubur kacang hijau . walaupun begitu namun tidak ada salahnya jika anda sesekali membuat bubur kacang hijau sendiri dirumah . apalagi dengan resep lengkapnya bubur kacang hijau yang akan Harian Resep bagikan dibawah ini , tentunya akan semakin memudahkan anda dalam membuatnya dirumah .

Resep Membuat Bubur Kacang Hijau Enak Asli Sehat

Resep Membuat Bubur Kacang Hijau Enak Asli Sehat

Bahan-bahan Bubur Kacang Hijau Enak Asli Sehat :

  • Kacang hijau 250 gram ( yang siap pakai )
  • Santan kelapa 200 gram
  • Air 2 liter
  • Daun pandan 2 lembar
  • Gula pasir 170 gram
  • Vanili 1/2 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • GUla jawa ( secukupnya jika suka )

Bahan Tambahan Bubur Kacang Hijau Enak Asli Sehat :

  • Ketan hitam secukupnya ( yang sudah dimasak )
  • Roti tawar secukupnya

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Enak Asli Sehat :

  1. Pertama-tama rendam kacang hijau terlebih dahulu di dalam air kurang lebih selam dua jam . hal ini bertujuan untuk melunakkan kacang hijau , dan selain itu juga bertujuan juga agar bubur kacang hijau nantinya cepat matang .
  2. Setelah itu cuci kacang hijau di air bersih mengalir , lalu buanglah kacang hijau yang berwarna hitam , gopeng maupun yang rusak , lalu tiriskan .
  3. Rebus air hingga mendidih , lalu tambahkan vanili bubuk ke dalam rebusan air .
  4. Masukkan kacang hijau yang sudah anda bersihkan tadi kedalam air rebusan . lalu biarkan dan tunggu sampai kacang hijau menjadi lunak atau empuk .
  5. Selanjutnya masukkan gula pasir ke dalam rebusan bubur kacang hijau dengan sedikit demi sedikit . anda boleh cicipi , jika dirasa kurang manis anda dapat menambahkan sesusai selera dengan gula pasir atau pun gula jawa .
  6. Kemudian aduk rata adonan kacang hijau sampai mengental dan hingga kacang hijaunya menjadi matang atau masak . ( biasanya jika kacang hijau sudah matan biji-bijinya akan terlihat mulai pecah )
  7. Jika kacang hijaunya sudah matang , anda dapat mengankatnya lalu masukkan bubur kacang hijau ke dalam wadah terpisah .
  8. Terakhir untuk santan , pertama-tama anda dapat merebus santan terlebih dahulu lalu tambahkan 1/4 sendok teh garam dan irisan daun pandan ( bisa juga dibuat simpul ) lalu biarkan sampai mendidih . angkat lalu simpan pada wadah terpisah .

Cara Penyajian Bubur Kacang Hijau Enak Asli Sehat :

  1. Pertama masukkan bubur kacang hijau kedalam mangkuk atau gelas saji secukupnya .
  2. Tambahkan ketan hitam yang sudah matang ke dalam bubur kacang hijau ( namun bagi anda yang mempunyai maag , sebaiknya hindari penambahan ketan hitam kedalam bubur kacang hijau )
  3. Lalu tambahkan santan secukupnya dan roti tawar diatas bubur kacang hijau secukupnya , lalu sajikan selagi hangat .
  4. Jika anda menikmati bubur kacang hijau dicuaca terik , anda dapat menambahkan es batu kedalam bubur kacang hijau agar dingin dan terasa segar .

Nah itu dia bahan-bahan dan cara pembuatan bubur kacang hijau nya , cukup mudah bukan ? bahan-bahan yang mudah didapat dan terjangkau tentunya akan memudahkan anda dalam pembuatan bubur kacang hijau sendiri dirumah . anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dipsar tradisional atau ditempat belanja lainnya yang terdekat dari rumah anda . keluarga dirumah pasti akan suka dan gembira karena dihidangi bubur kacang hijau yang enak dan menyehatkan ini .

Sangat cocok dinikmati saat berkumpul dengan keluarga , seperti nonton tv atau saat bersantai sekedar melepas lelah setelah seharian melakukan aktifitas . ya sudah , silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Bubur Kacang Hijau Enak Asli Sehat ini dirumah . buka juga informasi resep-resep makanan lainnya seperti Resep Membuat Bubur Sumsum Jajanan Pasar Enak yang wajib untuk anda coba juga membuatnya dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , smeoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian :)

Advertisement