Resep Membuat Bubur Sumsum Jajanan Pasar Enak

Resep Membuat Bubur Sumsum Jajanan Pasar Enak - Bubur sumsum merupakan makanan atau jajanan tradisional yang memiliki banyak penggemar . baik di masyarakat indonesia sampai ke negeri tetangga , seperti negara malaysia , singapura bahkan hongkong dan taiwan . biasanya bubur sumsum diperkenalkan kepada masyarakat di negara tetangga tersebut oleh tenaga kerja wanita indonesia yang bekerja di negara-negara tetangga yang kami sebutan tadi . dari anak kecil hingga orang dewasa tentunya mereka menyukai bubur sumsum salah satu makanan atau jajanan dari pasar tradisional ini . 

Bumbur sumsum yang memiliki rasa enak dan lembut dimulut ini sampai pernah di akui oleh negara malaysia sebagai makanan khas negara mereka . padahal bubur sumsum sendiri berasal dari kebiasaan adat istiadat masyarakat yang berada di pulau jawa indonesia . namun karena rasa yang enak dan gurih dari bubur sumsum , bubur sumsum pun kini menjadi terkenal dan dapat dinikmati oleh seluruh penjuru masyarakat luas indonesia . bubur sumsum memang sangat lah nikmat sekali .

Rasa yang sedikit asin gurih dari santan akan sangat enak dan lezat sekali jika dihidangkan dengan air gula merah di atas nya . sangat cocok jika dinikmati oleh balita yang sedang gemar menikmati makanan . namun bubur sumsum jajanan pasar yang enak lezat ini juga sangat nikmat jika dijadikan sebagai menu sarapan pagi oleh para orang dewasa ataupun manula . tekstur yang lembut pada bubur sumsum memang cocok dinikmati oleh siapa pun .

Anda dapat menikmati bubur sumsum jajanan pasar tradisonal ini selagi hangat agar lebih nikmat . namun jika anda ingin menikmati bubur sumsum dengan sensasi berbeda dan lebih segar anda dapat memasukkan bubur sumsum ke dalam lemari pendingin terlebih dahulu agar lebih dingin nikmat . bubur sumsum jajanan pasar tradisional memang memiliki harga yang cukup ekonomis dan terjangkau . sehingga anda jangan heran lagi jika bubur sumsum menjadi salah satu jajanan pasar yang terfavorit .

Biasanya dengan seribu hingga lima ribu rupiah saja kita sudah dapat menikmati bubur sumsum jajanan pasar tradisional yang enak ini . namun tidak ada salahnya jika sesekali anda mencoba membuatnya sendiri dirumah . dalam membuat bubur sendiri sangatlah mudah , bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat ekonomis dan terjangkau mudah didapat dari tempat tinggal anda . so , untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara pembuatan bubur sumsum jajanan pasar tradisonal dengan lengkap silahkan simak artikel resep nya dibawah ini .

Resep Membuat Bubur Sumsum Jajanan Pasar Enak

Resep Membuat Bubur Sumsum Jajanan Pasar Enak

Bahan-bahan Bubur Sumsum Jajanan Pasar Enak :

  • Tepung beras 200 gram
  • Garam 1 sendok teh ( atau menurut selera )
  • Daun pandan 2 lembar ( dibuat simpul ) ini juga sesuai selera , jika anda menambahkan daun pandan makan bubur sumsum akan menjadi berwarna sedikit kehijau-hijauan 
  • Santan 1 liter

Bahan Kuah Bubur Sumsum Jajanan Pasar Enak :

  • Gula merah 250 gram ( diiris-iris halus )
  • Air 120 mili liter
  • Daun pandan 2 lembar
  • Anda dapat menambahkan gula pasir secukupnya jika suka ( menurut selera )

Cara Membuat Bubur Sumsum Jajanan Pasar Enak :

  1. Pertama-tama campur tepung beras , garam , dan sebagian santan ( sebagian atau setengahnya ) . aduk hingga rata lalu sisihkan .
  2. Setelah itu masak sebagian santan yang tidak tercampur dengan tepung terigu , dengan menggunakan api kecil dan aduk-aduk secara perlahan . masukkan juga daun pandan , jika anda menggunakan daun pandan untuk buburnya .
  3. Selanjutnya tuangkan campuran tepung beras yang sudah anda siapkan sebelumnya , tuang perlahan sambil terus diaduk-aduk sampai mengental dan keluar gelembung-gelembung kecil , Angkat bubur lalu sisihkan .
  4. Untuk kuahnya cara memasknya adalah masak air lalu jangan lupa tambahkan gula merah dan daun pandan menjadi satu . tunggu sampai mendidih , angkat lalu saring .
  5. Terakhir sajikan bubur sumsum dengan dituangi dengan kuah gula diatas nya .
  6. Bubur yang enak dan lezat siap untuk dihidangkan dan dinikmati .

Selesai , nah itulah bahan-bahan dan cara pembuatan bubur sumsum nya , cukup mudah dan tidak sulit bukan ? anda dapat menambahkan buah nangka didalam kuah bubur sumsum agar lebih wangi dan lezat jika suka . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Bubur Sumsum Jajanan Pasar Enak ini dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda dirumah . jangan lupa buka juga informasi-informasi resep makanan atau camilan Resep Membuat Bubur Jagung Susu Makanan Bayi Sehat , Resep Membuat Sushi Sederhana Ala Indonesia Enak lainnya seperti yang patut untuk anda buat juga dirumah . sekian :)

Advertisement