Resep Membuat Cumi Goreng Tepung Empuk Renyah Diluar

Resep Membuat Cumi Goreng Tepung Empuk Renyah Diluar - Cumi goreng tepung yang memiliki rasa empuk namun renyah tentunya adalah salah satu sajian favorit keluarga anda . jika cumi-cumi dimasak atau diolah dengan cara yang salah tentunya tekstur cumi akan keras seperti karet dan akan mengganggu kenikmatan makanan atau masakan cumi tersebut . lalu bagaimana dengan cara membuat cumi goreng tepung yang memiliki rasa nikmat ? sempurnakan cumi goreng tepung anda dengan beberapa tips dibawah ini , agar menghasilkan cumi yang empuk , kaya rasa dan dengan adonan yang pas dan mempunyai rasa renyah namun empuk .

Pertama adalah mengempukkan cumi , cumi yang berukuran besar biasanya dagingnya lebih kenyal dibandingkan dengan cumi yang berukuran kecil . membekukan cumi sebelum di olah menjadi cumi goreng tepung adalah salah satu cara untuk mengurangi kekenyalan cumi-cumi . selain itu , anda juga dapat merendam cumi yang telah dibersihkan dan dipotong didalam susu kurang lebih sekitar satu jam . cara ini bukan saja membuat cumi menjadi empuk , namun juga membuat adonan yang melapisi cumi menjadi sedikit manis dan berwarna kecoklatan cantik .

Lalu hal lain yang menyebabkan cumi tepung goreng menjadi kenyal adalah bila cumi digoreng terlalu lama atau terlalu matang . cumi goreng yang empuk dan renyah diluar cukup digoreng sekitar tiga hingga lima menit saja dalam minyak yang panas . dan selain itu , cara lain untuk menggempukkan cumi adalah dengan memukulnya dengan pemukul daging dari kayu , namun hati-hati dan usahakan untuk tidak memukul-memukul cumi terlalu keras supaya bentuk cumi tetap terjaga denga baik . jika soal rasa , anda dapat merendam cumi terlebih dahulu dengan perasan jeruk nipis , campuran bubu halus dari bawang putih atau minyak zaitun jika ada beberapa saat sebelum mengolahnya menjadi cumi goreng tepung yang enak .

Oh iya , adonan tepung untuk sang cumi goreng tepung sendiri juga dapat anda kreasi kan menurut selera anda . jika anda menyukai cumi goreng tepung dengan tepung yang tebal anda dapat membuat adonan untuk cumi goreng tepung dengan adonan yang sedikit kental seperti pada adonan pancake . namun jika anda lebih menyukai cumi goreng tepung dengan rasa yang empuk namun renyah crispy diluar . anda dapat membuat adonan yang lebih encer agar menghasilkan rasa yang enak dan renyah menurut selera .

Membuat cumi goreng tepung tentulah sangat mudah sekali , bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah didapat dan terjangkau dar tempat tinggal anda . anda dapat mencari bahan-bahan yang digunakan dipasar tradisional atau ditempat belanja lainnya yang biasa anda kunjungi . namun lagi-lagi hal yang harus anda perhatikan adalah saat menggoreng cuminya jangan sampai kelamaan yah , agar tidak kenyal . nah untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara pembuatannya dengan mudah silahkan simak artikel resep cumi goreng tepungnya dibawah ini .

Resep Membuat Cumi Goreng Tepung Empuk Renyah Diluar

Resep Membuat Cumi Goreng Tepung Empuk Renyah Diluar

Bahan-bahan Cumi Goreng Tepung Empuk Renyah Diluar : 

  • Cumi 500 gram ( dipotong bulat seperti cincin tebal 1 centi meter )
  • Jahe 2 centi meter ( diparut )
  • Bawang putih 2 siung ( diparut )
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Merica bubuk 1/4 sendok teh
  • Minyak wijen 1/2 sendok teh
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bahan-bahan Pencelup Cumi Goreng Tepung Empuk Renyah Diluar : 

  • Tepung terigu 100 gram
  • Bawang putih bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk 1/4 sendok teh
  • Gula pasir 1/4 sendok teh
  • Backing powder 1/2 sendok teh
  • Air es 200 mili liter

Bahan Pelapis Cumi Goreng Tepung Empuk Renyah Diluar ( aduk rata ) : 

  • Tepung terigu 300 gram
  • Tepung sagu 2 sendok makan
  • Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Wijen 1 sendok makan

Cara Membuat Cumi Goreng Tepung Empuk Renyah Diluar : 

  1. Pertama-tama lumuri cumi dengan jahe , bawang putih , garam , merica bubuk dan minyak wijen . lalu diamkan selama 20 menit .
  2. Aduk-aduk hingga rata bahan pencelup .
  3. Selanjutnya celupkan cumi kedalam bahan pencelup , gulingkan di bahan pelapis yang sudah diayak sambil diangkat-angkat , lalu ulangi sekali lagi .
  4. Kemudian goreng dalam minyak panas yang mengunakan api sedang hingga cumi berwarna kecoklatan . ( namun jangan terlalu lama )
  5. Angkat lalu tirisan , sajikan didalam piring saji . selesai

Kunci dalam menggoreng cumi goreng tepung agar tidak terlalu berminyak adalah pastikan terlebih dahulu bahwa minyak goreng sudah benar-benar panas sebelum cumi dimasukkan atau digoreng . dalam menggoreng cumi juga sebaiknya terendam seluruhnya di dalam minyak yang panas . selain itu , anda  juga jangan sampai menggoreng cumi terlalu banyak pada saat bersamaan , kenapa ? karena jika anda menggoreng cumi terlalu banyak dapat menurunkan suhu minyak . jadi anda dapat menyesuaikan jumlah cumi yang anda goreng dengan ukuran wajan anda .

Anda dapat menikmati cumi goreng tepung dengan saus sambal botolan , aneka sambal atau mayonese menurut selera anda . anda dapat menyajikan cumi goreng tepung sebagai camilan yang enak atau juga sebagai hidangan untuk makan siang atau makan malam keluarga . saya rasa cukup tentang bahan-bahan , cara pembuatan dan beberapa tips untuk membuat cumi goreng tepung ini . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Cumi Goreng Tepung Empuk Renyah Diluar ini dirumah .

Keluarga tentunya akan sangat gembira sekali karena diberikan hidangan yang special seperti Resep Membuat Cumi Goreng Tepung Empuk Renyah Diluar yang anda buat sendiri dirumah . rasa yang pas enak gurih dan sedap , tidak kalah dengan cumi goreng tepung yang anda biasa nikmati ditempat makan atau restauran-restauran yang biasa anda kunjungi , nyumii , kriukk kriukk . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda dirumah . jangan lupa buka juga informasi resep-resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Cumi Saus Tiram Enak Mudah dan Resep Membuat Bubur Jagung Susu Makanan Bayi Sehat yang patut untuk anda coba juga dirumah . sekian :)

Advertisement