Resep Membuat Kue Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia

Resep Membuat Kue Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia - Kue putu aren bambu adalah salah satu kue tradisional indonesia yang saat ini hampir punah . karena sudah jarang sekali kita dapat temui penjual yang menjajakan kue putu aren bambu ini . padahal kue putu aren bambu sangat enak , mempunyai tekstur yang lembut dan lumer didalam dengan isian gula aren . sangat enak dan nikmat sekali jika dinikmati selagi hangat .

Anda dapat menikmati kue putu aren bambu dengan teh hangat , coffe atau aneka minuman lainnya menurut selera anda . rasa yang enak , nikmat dan manis lumeran gula aren didalam kue putu aren bambu membuat mulut tidak ingin berhenti untuk menikmatinya . wangi yang khas dan rasa yang nikmat memang sangat menggoda sekali . kue putu aren bambu salah satu kue tradisional indonesia yang sangat enak dan asyik sebagai teman bersantai pada waktu pagi dan sore hari .

Anda dapat menikmati kue putu aren bambu saat anda berkumpul dengan keluarga saat nonton tv atau acara lainnya . seperti acara keluarga , acara khajatan dan lain sebagainya . di perdesaan kue putu aren bambu terkadang disajikan sebagai salah satu kue untuk menyambut tamu saat acara khajatan . rasanya hampir sama dengan kue putu ayu , hanya yang membedakan disini adalah isian gula aren pada kue putu aren bambu yang lumer didalam .

Tampilan kue putu ayu dan kue putu aren bambu memang hampir sedikit mirip . karena sama-sama memiliki warna hijau cantik dengan taburan parutan kelapa yang nikmat . namun lagi-lagi perbedaan kue putu ayu dan kue putu aren bambu adalah isian di dalam kue putu aren bambu sendiri . namun tetap sama-sama nikmat dan menggoda sekali , hmmm nyumi .

Nah apakah anda mulai tertarik dengan kue putu aren bambu , dan berniatan untuk membuatnya dirumah ? namun kendalanya anda tidak tahu bahan-bahan dan cara pembuatan kue putu aren bambu salah satu kue traidisional indonesia ini ? jika iya , anda tepat sekali membuka resep kue putu aren bambu yang akan kami bagikan kali ini . karena kami akan membahas tuntas tentang kue putu aren bambu dari bahan-bahan dan cara pembuatannya seperti diberikut ini .

Resep Membuat Kue Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia

Resep Membuat Kue Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia

Bahan-bahan Kue Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia :

  • Tepung beras 800 gram
  • Air 600 mili liter
  • Daun pandan 6 lembar
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula merah 250 gram ( disisir terlebih dahulu )

Bahan Taburan Kue Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia :

  • Kelapa setengah tua tanpa kulit 300 gram ( diparut )
  • Garam 1 sendok teh
  • Campur kelapa dan garam lalu kukus sampai matang .

Cara Membuat Kue Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia :

  1. Pertama-tama yang anda harus lakukan adalah campur air dengan garam dan daun pandan . rebus hingga mendidih , angkat , lalu biarkan agar menjadi hangat .
  2. Setelah itu siapkan tepung beras pada sebuah wadah , lalu masukkan air pandan tersebut dengan sedikit demi sedikit sambil terus di aduk menggunakan tangan sampai benar-benar rata .
  3. Setelah itu saring adonan dengan sedikit demi sedikit menggunakan saringan kasar sampai adonan menjadi benar-benar halus .
  4. Masukkan adonan kedalam cetakan bambu . alasi potongan bambu dengan potongan daun pisang atau daun pandan agar wangi khas .
  5. Lalu lubangi bagian tengah adonan , lalu beri atau masukkan gula jawa yang sudah diiris-iris tadi secukupnya . kemudian tutupi sisanya dengan adonan tepung beras sampai cukup penuh , ratakan .
  6. Siapkan panci pengukus , lalu letakkan cetakan yang sudah berisi adonan putu dengan posisi berdiri . usahakan tepat berada di atas lubang kukusan . bertujuan agar matang sampai dalam .
  7. Kukus kurang lebih selama 10 menit , angkat dan keluarkan kue putu aren dari cetakan . sajikan di atas piring saji ( mendatar ) dengan dialasi dengan daun pisang .
  8. Terakhir taburi kue putu aren bambu yang sudah matang dengan parutan kelapa ditambah dengan sedikit gula pasir jika suka .

Selesai , gunakan batang bambu yang berwarna kuning dengan diameter sekitar empat centi meter , lalu potong-potong kira-kira sepuluh centi meter lalu bersihkan . jemur bambu dibawah panas matahari selama beberapa hari sampai siap digunakan . jika anda kesulitan menemukan cetakan yang terbuat dari bambu ,  anda dapat menggunakan cetakan lainnya yang terbuat dari plastik . anda dapat mencari cetakan plastik kue putu aren ditoko-toko perlengkapan kue yang terdekat dari rumah anda . 

Oke , selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kue Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia ini dirumah . untuk saran penyajian resep kue putu aren bambu ini untuk enam porsi . jika anda ingin membuatnya lebih banyak atau lebih sedikit anda tinggal tambahkan atau kurangi saja bahan-bahan yang tersedia dalam resep ini . buka informasi resep aneka kue lainnya seperti Resep Membuat Pancake Kacang Merah Dorayaki Kue Doraemon yang patut untuk anda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement