Resep Membuat Samosa Isi Daging Ayam Nikmat

Resep Membuat Samosa Isi Daging Ayam Nikmat - Pernahkah anda mendengar makanan yang bernama samosa ? belum ? jika begitu simak baik-baik artikel resep samosa berikut ini . samosa adalah salah satu menu makanan khas timur tengah yang merupakan hidangan pastry . samosa makanan yang khas dari timur tengah ini sangat identik sekali dengan menu daging kambing dan bumbu karinya .

Dalam membuat samosa khas timur tengah ini dapat dibilang cukup mudah . daging kambing yang telah dibumbui kari lalu dibungkus dengan menggunakan kulit pastry yang renyah lalu digoreng hingga matang dan crispy . selain proses pembuatannya yang mudah , salah satu yang khas dari samosa adalah bentuknya . berbentuk segitiga dengan isian daging kambing cincang dengan aneka bumbu rempah nya yang berbentuk segitiga ini merupakan salah satu ciri khas dari samosa .

Nah jika pada resep samosa yang asli dari timur tengah , kulit samosa yang digunakan untuk membungkus daging juga dibuat dari racikan mentega asli timur tengah yang berasal dari susu kambing . namun kita akan membuat samosa versi lidah indonesianya . sehingga daging kambing kita ganti dengan daging ayam cincang yang mudah ditemui dimana-dimana dan terjangkau . sedangkan kulitnya kita menggunakan kulit lumpia yang siap pakai agar semakin praktis .

Jika kita liat samosa khas timur tengah ini merupakan camilan atau kudapan yang mirip sekali dengan lumpia . karena garing dan renyah diluar dan enak lezat didalam . isian daging ayam yang dikombinasi dengan bumbu rempah khas indonesia pastinya akan semakin membuat nikmat samosa ini . sangat cocok lah dengan lidah orang-orang indonesia yang suka akan gurih dan lezat .

Samosa akan enak sekali jika dinikmati selagi hangat bersama saus sambal sesuai selera . seperti saus sambal botolan , saus tomat , saus baberque , saus kacang dan lain sebagainya . samosa merupakan salah satu hidangan yang yumi sekali dinikmati saat cuaca dingin atau musim hujan seperti ini . penasaran dan ingin membuatnya ? jika begitu silahkan simak bahan-bahan dan cara membuat samosanya di bawah ini .

Resep Membuat Samosa Isi Daging Ayam Nikmat

Resep Membuat Samosa Isi Daging Ayam Nikmat

Bahan-bahan Samosa Isi Daging Ayam :

  • Kulit lumpia siap pakai 10 lembar ( dibelah menjadi dua sehingga berbentuk memanjang )
  • Daging ayam 250 gram ( dicincang )
  • Bawang putih 2 siung ( dihaluskan )
  • Bumbu kari instan 1 sendok makan ( bisa dibeli di supermarket ) atau bisa juga menggunakan bumbu kari bubuk
  • Cabai bubuk 1 sendok makan ( jika anda suka pedas , silahkan tambahkan sesuai selera )
  • Kacang polong 2 sendok makan
  • Margarine 2 sendok makan
  • Garam dan gula secukupnya
  • Telur 1 butir ( dikocok lepas , digunakan sebagai perekat )

Cara Membuat Samosa Isi Daging Ayam :

  1. Pertama-tama panaskan margarine hingga meleleh lalu tumis bawang putih yang sudah dihaluskan hingga wangi .
  2. Selanjutnya tambahkan ayam lalu masak hingga berubah warna .
  3. Setelah itu masukkan bumbu kari , cabai bubuk , garam , gula dan kacang polong . aduk-aduk lalu tambahkan sedikit air agar tidak terlalu kering . angkat jika dirasa sudah matang .
  4. Kemudian siapkan kulit samosa lalu olesi bagian tepinya dengan menggunakan telur .
  5. Letakkan bahan isian di ujung atas kulit , lalu lipat bagian atas kulitnya sehingga menutupi isian dan berbentuk segitiga . lakukan seterusnya hingga semua bahan habis .
  6. Goreng samosa ke dalam minyak yang panas hingga semua bahan tercelup kedalam minyak ( bertujuan agar samosa matang dengan sempurna ) hingga berubah warna kekuningan . angkat , tiriskan .
  7. Resep Membuat Samosa Isi Daging Ayam Nikmat siap disajikan dengan sambal botol atau sambal pilihan anda sesuai selera .

Itulah bahan-bahan dan cara membuat samosanya , cukup mudah dan praktis bukan ? kudapan samosa ini dapat membuat anda menyajikan menu camilan yang lain dari biasanya dirumah . oh iya untuk kacang polong bisa juga diganti dengan sayuran lainnya seperti wortel yang diiris tipis seperti korek api . lalu dalam melipat kulit samosanya hati-hati yah , jangan sampai isiannya keluar . 

Bertujuan agar samosa keliatan cantik , rapih dan menggonda untuk segera disantap bersama keluarga . oke selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Samosa Isi Daging Ayam Nikmat ini di rumah . buka juga informasi resep lainnya seperti Resep Membuat Piscok Pisang Coklat Goreng yang akan sayang sekali jika anda lewatkan . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda .

Jika anda menyukai artikel Resep Membuat Samosa Isi Daging Ayam Nikmat ini jangan lupa di share kemedia sosial anda yah . seperi facebook , twitter atau google plus anda agar lebih memudahkan kami dalam berbagi menu resep lainnya . sekian ,seeyou :)

Advertisement