Resep Sambal Goreng Ati Sapi Ala Hajatan

Resep Sambal Goreng Ati Sapi Ala Hajatan - jika kemarin-kemarin saya membagikan  resep sambal goreng kentang dengan ati ampela Resep Membuat Sambal Goreng Ati Kentang Enak dan sambal goreng kentang telur puyuh Resep Sambal Goreng Kentang Telur Puyuh Enak . masih berbicara tentang sambal goreng kenang , karena kali ini juga saya akan membagikan resep sambal goreng kentang yang enak . cuman kali ini saya memberikan paduan hati sapi yang enak sebagai campuran sambal goreng kentang . pokoknya resep ini tidak akan kalah enak nya dengan resep-resep sambal goreng kentang yang saya bagikan sebelumnya .

Sambal goreng kentang hati sapi biasanya di sajikan saat hajatan tiba atau ada acara-acara tertentu seperti arisan keluarga , pas lebaran idul fitri , acara ulang tahun sebagai teman nasi kuning dan sebagainya . biasanya sambal goreng kentang ati sapi di sajikan dengan campuran pete yang di potong kecil-kecil sebagai penambah nikmat . uuhh nyumi , sambal goreng kentang ati sapi memang sangat nikmat jika dinikmati bersama nasi putih yang hangat . sambal goreng kentang ati sapi juga dapat dinikmati dengan nasi uduk atau nasi kuning .

Berbeda nasi , pastinya berbeda juga akan citarasa yang disajikan . tapi semua tidak kalah enaknya kok , anda tinggal pilih menu nasi manakah yang akan menjadi teman sambal goreng kentang ati sapi nya . anda juga dapat menambahkan emping atau kerupuk udang yang renyah dan irisan tomat sebagai penambah nikmat saat menikmati sambal goreng kentang ati sapi dirumah . dan sajikan juga dengan teh hangat atau minuman lainnya sesuai selera untuk menambah nikmat .

Saat hajatan tiba sambal goreng ati sapi biasanya di sajikan dengan sop bakso , rica-rica ayam dan berbagai sayuran yang disajikan di meja hajatan tersebut . anda tinggal pilih menu masakan apa saja yang akan anda santap sebagai teman nasi dan sambal goreng kentang ati sapinya . tapi apakah anda harus makan sambal goreng kentang ati sapi nya saat ada acara hajatan tiba ? waah kalau yang nyidam ntar anaknya ngiler donk ? heheheh

Nah untuk anda yang kangen akan sambal goreng kentang ati sapi ala hajatan , anda tepat banget membuka resep ini . karena kali ini saya akan membahas habis tentang sambal goreng kentang ati sapi ala hajatan yang enak dan lezat tentunya . dari bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal goreng kentang ati sapi beserta cara membuatnya dengan cukup mudah . untuk mengentahui cara membuatnya dengan benar dan bahan-bahan yang dibutuhkan silahkan lihat dibawah ini .

Resep Sambal Goreng Ati Sapi Ala Hajatan

Resep Sambal Goreng Ati Sapi Ala Hajatan

Bahan-bahan Sambal Goreng Ati Sapi :

  • Kentang 500 gram
  • Hati sapi 500 gram
  • Pete 100 gram ( dikupas lalu belah jadi 2) anda dapat mengganti nya dengan kacang kapri jika anda tidak suka pete .
  • Cabe merah 2 buah ( diiris tipis )
  • Lengkuas 2 centi metter ( di gebrek )
  • Serai 1 batang ( potong menjadi 2 , lalu memarkan )
  • Daun jeruk purut 3 lembar ( dibuang tulangnya )
  • Daun salam 2 lembar
  • Santan kental 200 mili liter
  • Asam 1 sendok teh ( larutkan dengan 2 sendok makan air )
  • Garam 2 sendok teh atau Secukupnya
  • Gula 2 sendok teh atau Secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu

Bumbu-bumbu Halus Sambal Goreng Ati sapi :

  • Bawang merah 8 buah
  • Bawang putih 4 siung
  • Cabe merah 5 buah ( buang bijinya , jika anda tidak suka pedas )
  • Jahe 2 centi meter
  • Kemiri 2 buah 

Cara Mmebuat Sambal goreng ati sapi :

  1. Pertama-tama panaskan 1,5 liter air , lalu masukkan garam 1 sendok teh , 1 lembar daun salam , 1 lembar daun jeruk purut , sedikit lengkuas dan jahe , masak hingga mendidih .
  2. Selanjutnya masukkan ati sapi , rebus hingga matang ( kurang lebih 20 menit ) lalu tiriskan .
  3. Kemudian potong-potong ati sapi bentuk dadu , sisihkan .
  4. Kupas kentang , potong-potong bentuk dadu juga , lalu rendam ke dalam air bersih agar kentang tidak berwarna kecoklatan , lalu tiriskan .
  5. Panaskan minyak terlebih dahulu dalam jumlah banyak , lalu goreng kentang hingga bewarna kecoklatan , tiriskan .
  6. Goreng cabe merah sebentar hingga layu lalu tiriskan .
  7. Kemudian Tumis bumbu halus , serai , lengkuas , daun jeruk purut , dan daun salam hingga matang dan hingga berbau wangi .
  8. Tambahkan kentang beserta ati sapinya , aduk hingga rata kemudian masukkan pete yang sudah diiris-iris tadi .
  9. Tuangkan santan kental dan air asam , kecilkan api dalam posisi sedang lalu teruskan memasak hingga santan agak meyusut , tambahkan garam dan gula . boleh dicicipi tambahkan jika ada yang kurang .
  10. Terakhir taburkan cabe merah yang sudah digoreng tadi , aduk hingga rata kemudian angkat, lalu sajikan .

Tips Dalam Membuat Sambal Goreng Ati Sapi :

  1. Pertama masukkan ati sapi ke dalam air mendidih agar rasa ati terkunci sehingga rasanya lebih enak dan sedap .
  2. Kedua bumbu dasar sambaal goreng ati ini bisa anda palai untuk sambal goreng apa saja , jika tidak suka dengan ati sapi tinggal ganti isinya menurut selera anda . contoh sambal goreng daging , sambal goreng tahu , sambal goreng udang dan lainnya .
  3. Ketiga untuk anak anda yang punya anak kecil , bisa juga tanpa cabai yang diiris , cukup diganti dengan cabe rawit utuh , dimasukkan setelah santan masuk , untuk dewasa yang suka ada cita rasa pedasnya .

Nah itu dia bahan-bahan dan cara memasak sambal goreng ati sapi beserta tips dalam memasak nya . cukup mudah bukan dalam pembuatan samabal goreng ati sapi ini ? silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Sambal Goreng Ati Sapi Ala Hajatan ini . buka juga infomarsi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Spaghetti Bolognese Enak Mudah yang wajib anda coba dirumah . semoga resep dan tips dalam memasak sambal goreng ati sapi ini bermanfaat . terimakasih :)

Advertisement