Resep Membuat Gulai Kikil ( Tunjang ) Padang

Resep Membuat Gulai Kikil ( Tunjang ) Padang - Hallo selamat sore bunda-bunda cantik dirumah . hai juga buat para calon ibu muda yang sedang gemar sekali belajar memasak . ketemu lagi dengan harianresep.blogspot.com yah . hari ini kita akan belajar memasak hidangan khas minang ya bun . loh kok dari kemarin update nya masakan khas minang terus sih min ?

Hheehe iya nih bun , admin kayanya lagi kemaruk banget sama masakan padang . jadi jangan bosen-bosen ya kalau akhir-akhir ini admin lebih sering membagikan masakan khas padang yang super enak . nah jika beberapa lalu admin sudah membagikan resep masakan minang seperti kalio ayam , kalio daging , rendang , gulai bebek sambal ijo dan lain sebagainya . pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membagikan masakan yang sangat terkenal khas padang yaitu gulai kikil .

Terbuat dari kikil kaki sapi yang mempunyai tekstur sedikit lembut dan kenyal ini memang enak dan lezat sekali . kuah gulai kikil yang diracik dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan kuah gulai yang enak dan sedap . sangat cocok sekali dinikmati dengan nasi putih yang hangat bersama sambal untuk penambah selera . kuah kental gulai yang diberi sentuhan santan asli dari kelapa ini memberikan sensasi yang gurih dan nikmat banget bun .

Bumbu dan kikilnya pas banget deh , bikin lidah pengin bergoyang terus kalau ketemu masakan padang yang satu ini . nah untuk bunda-bunda dirumah yang gemar sekali menikmati masakan khas padang tentunya sudah tak asing lagi dengan enak gurih dan lezatnya gulai kikil bukan ? untuk seporsi gulai kikil di rumah makan padang biasanya dihargai sekitar lima belas ribu rupiah hingga dua puluh ribu rupiah per porsi atau semangkuk kecilnya .  kalau dimakan sendirian sih enak-enak saja ya bun , tapi kalau sama keluarga ? 

Wahh kayanya bakal jadi rebutan tuh gulai kikilnya , habis seporsi juga kalau beli mah suka kurang makyus ya bun . jadi ngga ada salahnya jika kali ini bunda membuat gulai kikil sendiri dirumah . cara membuatnya cukup mudah kok bun , jika bunda belum bisa tenang saja bun kami akan menuntun bunda agar dapat membuat gulai kikil sendiri langsung dari dapur bunda . nah , untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara membuatnya silahkan simak artikel resep gulai kikilnya dibawah ini .

Resep Membuat Gulai Kikil ( Tunjang ) Padang

Resep Membuat Gulai Kikil ( Tunjang ) Padang

Bahan-bahan Gulai Kikil ( Tunjang ) :

  • Kaki sapi 1 buah
  • Santan 4 gelas ( dari 1 butir kelapa )
  • Daun kunyit 1 lembar
  • Daun jeruk purut 2 lembar
  • Asam kandis 2 buah
  • Serai 1 batang

Bumbu Halus Gulai Kikil ( Tunjang ) :

  • Cabai merah 1 ons
  • Bawang merah 10 butir
  • Bawang putih 6 siung
  • Kemiri 5 buah
  • Kunyit 1 ruas
  • Laos 1 ruas
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Gulai Kikil ( Tunjang ) :

  1. Pertama-tama bersihkan kaki sapi dari bulu-bulunya hingga bersih .
  2. Kemudian potong-potong kaki sapi sesuai selera , lalu rebus hingga kikil menjadi empuk . keluarkan tulang-tulangnya lalu potong-potong daging kikilnya menurut selera .
  3. Selanjutnya didihkan santan bersama bumbu halus , daun jeruk , asam kandis , dan serai hingga berbau wangi sedap . 
  4. Setelah itu masukkan potongan kikil , aduk dan masak hingga santan mengental dan mengeluarkan minyak . aduk terus agar santan tidak pecah hingga matang . boleh cicipi , jika ada yang kurang silahkan tambahkan . angkat .
  5. Resep Membuat Gulai Kikil ( Tunjang ) Padang siap disajikan .

Selesai , seperti yang kami katakan diatas , silahkan hidangkan gula kikil padang ini bersama sambal merah atau sambal hijau menurut selera sebagai penambah nikmat . nah itulah bahan-bahan dan cara membuat gulai kikilnya , cukup mudah bukan ? selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Gulai Kikil ( Tunjang ) Padang ini dirumah yah . buka juga informasi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Ayam Goreng Balado Padang Enak yang akan sayang sekali jika anda lewatkan . 

Terimakasih sudah mebuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk kalian . jika bunda menyukai artikel Resep Membuat Gulai Kikil ( Tunjang ) Padang ini , jangan lupa share ke media sosial anda ya bun . seperti facebook , twitter atau google plus bunda , agar lebih memudahkan kami dalam berbagi resep lainnya . sekian , seeyou :)

Advertisement

iklan